Senin, 21 April 2014


APLIKASI WAZE

Waze adalah sebuah piranti lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan BlackBerry.
Waze bisa diunduh dari negara manapun di dunia termasuk Indonesia, namun peta dasar untuk Indonesia belum tersedia sehingga kontribusi pengguna sangat diutamakan.
Berbeda dengan piranti lunak navigasi umumnya, Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan komunitas pemakainya. Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna Waze yang juga disebut wazers juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian nomor rumah/bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.
Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.
Selain informasi mengenai kemacetan, dia melanjutkan, masyarakat juga membutuhkan informasi lain, misalnya kecelakaan, demonstrasi, atau jalanan yang ditutup pada waktu-waktu tertentu karena adanya peristiwa.

Mossler mengklaim aplikasi Waze lebih unggul dari aplikasi serupa karena memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, saat berbagi, pengguna dapat memilih beragam kategori mengenai apa yang sedang terjadi di jalan raya, mulai dari kemacetan, kecelakaan, hingga perbaikan jalan. "Ada juga pilihan menu ngobrol (chatting) dengan sesama pengguna."

Dia memastikan pengguna tidak akan tertipu dengan kemungkinan informasi palsu. Waze memiliki sistem yang dapat mendeteksi apakah informasi tersebut benar atau tidak. Selain itu, Waze saat ini sudah dapat memantau kondisi jalan raya di sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

Waze dapat diunduh secara gratis lewat perangkat berbasis Android dan iOS. Meski belum bisa dipastikan kapan waktunya, mereka juga berencana menyediakannya untuk platform Windows Phone.
Pada waktu-waktu tertentu, tampilan Waze bisa sedikit berbeda dengan adanya ikon-ikon tertentu mengikuti musim atau peristiwa yang sedang berlangsung seperti Natal, Paskah, Halloween, dan juga kondisi khusus lainnya. Ikon-ikon baru akan bermunculan di tampilan peta dan memberikan poin tertentu jika dilewati pada saat mengemudi ke jalan yang terdapat ikon-ikon tersebut. Seperti contoh pada gambar adalah Paskah 2011 dengan menampilkan ikon telur, keranjang telur dan kelinci paskah.

FARADIS ATHYRA
1405110009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar