Senin, 28 April 2014

Sustainable Design - Eco Bottle

Di Amerika, ada lebih 125 miliar botol plastik yang beredar dan buruknya, berdasarkan EPA hanya 28% yang didaur ulang. Sisa dari botol-botol plastik tersebut terbuang sia-sia, entah tertumpuk di darat ataupun terbuang menjadi sampah di lautan bebas.

Suatu perusahaan di Amerika, membuat inovasi terbaru yang disebut "Eco Bottle". Ecologic Brands, yang memiliki inovasi ini bergerak dibidang packaging yang ramah lingkungan dan Eco Bottle inilah salah satu produknya. Eco bottle adalah sebuah botol yang terbentuk dari kertas, yang terdiri dari 100 persen kertas kardus daur ulang dan koran di bagian permukaan luar dan digabungkan dengan kantong tipis didalamnya yang 70 persen bahannya memiliki kandungan plastik rendah.


Ecologic bottle adalah botol pertama yang benar-benar menggunakan sistem "Close Loop Model" dan sampah packaging ini di "re-recycle" melalu beberapa proses, yaitu :
1. Bahan-ahan terbuat dari kardus-kardus yang sudah rusak
2. Mengubahnya menjadi botol melewati pabrik kertas dan proses industri lainnya
3. Botol-botol ini dikirim dalam beberapa paket, dan bisa memuat enam kali lebih banyak dalam muatan truk sebagai komponen yang belom terpasang, dibandingkan dengan botol-botl plastik biasa
4. Botol ekologi ini bisa didaur ulang kembali, dijadikan kompos, ataupun dibuang di tempat sampah.

Setiap botol ekologi ini bisa didaur ulang dengan tiga cara mudah, yaitu hanya tinggal membuka bagian pinggir botol, lalu lepaskan kantong didalamnya,  dan tinggal mendaur ulang bagian luar botol yang terbuat dari kertas di program daur ulang. Pouch plastik didalamnya merupakan plastik #4 LDPE yand bisa di daur ulang dengan plastik belanjaan di tempat sampah toko-toko lokal.

sumber :
http://www.sustainablebrands.com/news_and_views/design_innovation/closing-loop-turning-waste-primary-packaging
http://ecologicbrands.com/ecobottle.html

Eriel Risya Helena
1405110008
KTM 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar