Senin, 28 April 2014

Sustainbility/Ethichal Design; Pearls

Sustainbility/Ethichal Design; Pearls


Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan jaman di era sekarang ini. Oleh sebab itu, pemilihan serta penggunaan produk baik yang berbasis teknologi maupun lingkungan harus diterapkan secara cerdas oleh setiap individu manusia, karena dampaknya akan dirasakan saat ini, dikemudian hari hingga masa depan. Salah satu produk hasil alam yang dapat digunakan hingga waktu yang lama adalah mutiara/pearl. Kata Pearl berasal dari kata Latin "pirum" yang berarti "pear" yang mencerminkan bentuk permata. Struktur bulat berkilau halus memiliki kilau cemerlang, dengan berbagai gradasi, ditemukan di dalam cangkang moluska seperti tiram, kerang atau remis.
Hasil olahan mutiara dapat berupa berbagai macam bentuk aksesoris seperti kalung, cincin, gelang, liontin, chocker, anting, bros, pin dengan warna natural seperti; white, pink pearls, green, lilac, cream, grey, black, gold, dark akoya (blue or the other dark color).
Mutiara itu sendiri memiliki makna dan simbolisasi yang beragam
White: Symbol of Purity, Rose and Pink: Symbol of Love, Golden: Symbol of Wealth, Peacock Green: Symbol of Romance, Sapphire Blue: Symbol of Eternity, Black: Symbol of Dignity. 
(Ragam warna pada mutiara)

(Kualitas mutiara)

(Bentuk dari lama proses terbentuknya mutiara hingga bulat sempurna)

       Karena mutiara membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terbentuk dan memiliki beragam nilai makna dan simbolisasi dengan bentuk yang sederhana, maka harga dan perlakuan yang diberikan terhadap produk olahan dari mutiara tersebut sangatlah tinggi karena mutiara dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama dan melambangkan kemewahan serta loyalitas seseorang.
        Untuk membuat aksesoris mutiara bertahan sangat lama, pembersihana mutiara dilakukan dengan cara:
• Hanya menggunakan pembersih perhiasan berlabel aman untuk mutiara.
• Jangan gunakan pembersih ultrasonik.
• jangan bersihkan mutiara dengan uap.
• hindari kontak saat menggunakan mutiara dengan detergen, pemutih bubuk pembersih, baking soda, atau pembersih yang mengandung amoniak (seperti Windex).
• hindari penggunaan pasta gigi atau bahan abrasif lainnya untuk membersihkan mutiara.
• Jangan memakai mutiara ketika tali mereka basah, karena tali yang basah akan meregangkan tali (mulur) dan membawa kotoran yang sulit untuk dihilangkan.
• Jangan menggantung mutiara untuk dikeringkan.
• lepaskan perhiasan mutiara ketika menggunakan kosmetik, hair spray, dan parfum atau ketika mandi atau berenang. 

    
    Princess Diana Spencer, atau yang lebih dikenal dengan Lady Diana merupakan salah satu tokoh ikonik yang mempopulerkan penggunaan aksesoris yang terbuat dari mutiara. hal tersebut terlihat dari setiap aksesoris yang digunakan dalam kesehariannya.


Faradina Nurfitri H
1405110030
Fashion Forecasting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar