Selasa, 22 April 2014

Sustainable Design


Craftofuse.org - Local Wisdom

merupakan komunitas yang mengajak orang orang untuk mengeksplor 'craft' dalam penggunaan barang yang telah rusak. Sustainable design yang diinformasikan dari gerakan ini adalah bukan hanya zero waste dari produksi atau bahan-bahan yang eco friendly, namun ada dipilihan kita sebagai pengguna. kita harus cerdas dalam penggunaan pakaian. tidak harus baru, namun barang-barang peninggalan orang tua, teman, saudara atau apapun yang sudah rusak atau terkena noda dll, kita harus pintar menyiasatinya. layaknya merekontruksi pakaian lama menjadi pakaian layak pakai. hal ini menantang kita untuk lebih kreatif dan cerdas dalam berpakaian dan memanfaatkan pakaian yang ada. agenda komunitas ini adalah foto produk yang sudah mereka kontruksikan lalu menceritakan kisah dibalik pakaian yang sudah diberikan sentuhan craft pengguna yang kreatif dengan skillnya yang baik. 'garments are sold to us as products, yet we live them as a process.






craftofuse.org


Catalytic Clothing 

Menggunakan teknologi nano dalam sebuah konteks yang baru menggabungkannnya dengan science and art. dibentuk oleh desainer Helen Storey dan profesor ahli kimiaTony Ryan, dari dua background yang berbeda menghasilkan sebuah dress dengan pengaplikasian air purifying photocatalyst kedalam tekstil. dress ini berkontribusi dalam penanggulangan udara yang sudah berpolusi. saat kita menggunakan dress ini kita akan memurnikan udara yang kita hirup saat kita bergerak. "what we wear will change the way we live"




also watch the film of catalytic clothing on :
catalytic-clothing.org

Sustainable Design (Ethical- Natural- Local) Australia

Merupakan sebuah brand yang mengusung konsep sustainable. bentuk sustainable design dari brand ini adalah setiap produk menggunakan kualitas fabric yang sangat baik, menjadikannya awet. dalam proses prewashingnya menggunakan air hujan. produk ini dalam proses pencuciannya hanya menggunakan sedikit detergen, mencuci bisa menggunakan tangan dan jika menggunakan mesin menggunakan pilihan low spin speed, produk ini juga jarang menggunakan proses ironing. selain itu, produk dari brand ini memang mengusung penggunaan lebih dari satu desain, misalkan brand ini mengeluarkan produk humingbird scaft. scraft ini tidak hanya bisa digunakan sebagai scraft tapi juga bisa digunakan sebagai outwear, rok, dan scraft. penggunaan multifungsi ini memungkinkan para pengguna menggunakan produk berkali-kali dan diberbagai musim.



http://www.sustainablefashion.com.au/
Nurul Ainul Fathimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar