Senin, 28 April 2014

SUSTAINABLE DESIGN

Botol merupakan tempat penyimpanan air yang terbuat dari plastik, kaca/gelas, maupun aluminium. Kebanyakan orang yang mengonsumsi air minum berkemasan botol plastik ataupun botol gelas, setelah air dalam botol habis, orang-orang akan membuang botol tersebut dan pada akhirnya menjadi sampah yang berserakan dimana-mana. Sampah tersebut sebenernya tidak ramah lingkungan dan dapat mengotori lingkungan tempat tinggal kita. Akan tetapi pada zaman ini, telah banyak ide-ide cemerlang untuk menangani masalah botol yang menjadi sampah lingkungan. Botol-botol bekas dapat di daur ulang menjadi benda-benda ramah lingkungan yang layak pakai dan bermanfaat bagi orang-orang. Botol bekas yang dapat dijadikan sebagai furniture rumah, aksesoris rumah, akan tetapi adapula botol bekas yang dijadikan sebagai tempat tinggal yang ramah lingkungan. Misalnya rumah yang dibangun oleh Ridwan Kamil. Rumah yang di bangun oleh Ridwan Kamil ini terbuat dari botol-botol bekas berenergi. Ide membuat rumah dari botol ini didasari dari orang-orang yang sering mengkonsumsi air dalam kemasan botol, dan botol tersebut dibuang secara percmua dan pada akhirnya menjadi sampah. Dari situlah muncul sebuah ide untuk membuat rumah yang berbahan botol bekas. Botol-botol bekas yang ia gunakan sengaja di pasang di tempat yang sering dilalui sinar matahari, hal tersebut bertujuan untuk menangkap sinar matahari masuk ke dalam rumah. Selain ramah lingkungan, rumah botol juga dapat menghemat energi dan mengurangi dampak pemanasan global.




Selain dijadikan sebagai rumah yang ramah lingkungan, botol bekas ini juga dapat dijadikan sebagai furniture rumah serta dekorasi rumah, seperti tempat tidur, kursi, meja, lampu, serta pot tanaman.






Adapula botol yang dijadikan sebagai lampu yang ramah lingkungan. Lampu tersebut berasal dari sinar matahari. Lampu botol ini diciptakan oleh Alfredo Moser asal Brasil yang merupakan seorang montir. Lampu botol plastik ini telah diberi nama dengan sebutan lampu moser. Lampu moser ini telah menerangi 140.000 rumah di Filipina. Hanya dengan menggunakan bahan botol plastik, air dan pemutih, botol ini dapat memancarkan cahaya yang mencapai 40 60 watt. Sungguh luar biasa ide kreatif ini yang dapat menghemat listrik dan ramah lingkungan, sehingga kita dapat mengaplikasikan botol-botol bekas ini menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi kebutuhan hidup.






sumber :





Rizka Anisa Fauziah
1403112075
Desain Interior 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar