Selasa, 15 April 2014

HER



“Her” bercerita tentang cinta dalam dua dimensi yang berbeda, yaitu antara manusia dan operating system (os). Kemajuan teknologi yang disajikan oleh film ini memungkinkan hal tersebut terjadi. Diawali dengan seorang penulis surat bernama Theodore yang hidup sebatang kara karena ditinggal oleh istrinya dan merasa kesepian, kemudian ia menemukan OS bernama Samantha untuk menghilangkan kesepiannya dan akhirnya jatuh cinta kepada Samantha.

Trend Forecast - Future situation

Teknologi sudah berkembang jauh daripada saat ini, karena semua yang dilakukan oleh manusia serba instan, wireless, dan dapat dilakukan dari perintah suara. TV sudah tidak membutuhkan layar, bermain game tanpa console, membuka email tanpa membaca, menulis tanpa pena.

Interior pada film tersebut termasuk futuristic karena material yang digunakan dominan kaca dan stainless yang memberi kesan luas dan megah. Karena menggunakan banyak kaca, interiornya tidak memerlukan banyak lampu sebagai sumber cahaya melainkan dari pencahayaan alami. Selain itu, tidak terdapat banyak furniture di dalam ruangan.
Fashion pada film ini tidak banyak perbedaan dibandingkan dengan sekarang. Yang pria menggunakan kemeja, blazer, dasi dan celana panjang, sedangkan yang wanita menggunakan kemeja, blouse, blazer dan rok span berpotongan rapi dan slick.

Pergaulan pun dapat dilakukan tanpa bertemu terlebih dahulu dan bisa melalui telepon, email, dan surat. Tetapi sisi negatifnya adalah behavior orang-orang menjadi lebih individualis dan jarang bertemu dengan teman-temannya karena tidak berkomunikasi tatap muka dan berkurangnya interaksi dengan orang lain.

Yang terjadi dalam film ini mungkin saja terjadi di masa depan, karena teknologi berkembang pesat dan memudahkan kehidupan manusia dan itulah guna dari teknologi, yaitu memudahkan kehidupan manusia. Namun satu hal yang menurut saya mungkin tidak terjadi adalah sebuah mesin dengan teknologi canggih yang memiliki intuisi, karena OS berfungsi jika ada command (perintah) bukan intuisi. Manusia lah yang memiliki intuisi. Sebuah operating system  mungkin akan membaca tanda-tanda yang terjadi di sekitar, tetapi tidak berintuisi.

-SEKIAN-

Nunki Lasmaria 1401110133

Tidak ada komentar:

Posting Komentar