Senin, 28 April 2014

Multi-functional Wearable Item

Berkembangnya dunia industri mode sekarang ini memunculkan gejala baru dimasyarakat seperti munculnya fenomena fast fashion dan lahirnya brand-brand baru yang akhirnya melahirkan istilah baru bagi luxury yaitu the new luxury. Brand-brand baru yang berkembang disektor luxury inilah yang sedang digandrungi banyak lapisan masyarakat. Dengan konsep new luxury berbagai macam permintaan pasar akan terpenuhi tanpa harus meninggalkan keunikan dan ke-eksklusifan barang luxury (produkn terbatas).

Namun dibalik berkembangnya industri fashion yang melahirkan brand-brand baru, ternyata memunculkan perilaku yang memprihatinkan dimasyarakat, yaitu perilaku yang konsumtif. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang konsumtif, yang tidakakan berhenti mengkonsumsi barang-barang yang  mereka inginkan selama barang tersebut tersedia. Dengan adanya brand-brand bersektor luxury tersebut permintaan mereka yang bermacam-macam akan terpenuhi. Dan akhirnya melahirkan istilah fast fashion dalam dunia industri mode. Masyarakat akan terbawa tren-tren yang dikeluarkan oleh industri mode dan mengkonsumsi barang-barang yang mereka sediakan selama tren itu berlangsung.

Berdasarkan fenomena tersebut tantangan yang datang untuk masa depan adalah bagaimana cara mengajak masyarakat yang sadar fashion untuk memulai memperpanjang masa penggunaan suatu barang daripada menaikan tingkat konsumsi. Maka muncukah sebuah ide multifungsional desain. Dimana sebuah barang memiliki banyak fungsi  apabila diubah-ubah cara pemakaiannya. Salah satu contohnya adalah karya dari sekelompok mahasiswa Otis College of Art and Design, sebuah Cargo Evening Gown. Mereka mengatakan bahwa benda-benda yang memiliki manfaat dan banyak fungsi seperti itu akan tren 20 tahun kedepan.





Berawal dari ide sifat dasar orang yang suka bepergian kemana saja, berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Berawal dari membuat sebuah tempat penyimpanan yang memungkinkan untuk dipakai dan kemudian dapat dijadikan menjadi sebuah pakaian yang dapat dipakai siang dan malam.

Source

http://www.fastcompany.com/1622380/isabel-and-ruben-toledo-patagonia-and-otis-fashion-students-dress-us-2030

Ahda Yunia Sekar F
1405114002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar