Senin, 14 April 2014

"HER" Movie Analysis


Sebuah film sains-fiksi, drama comedy romantis yang disutradarai sekaligus diproduseri oleh Spike Jonze. Memiliki setting waktu di masa depan, tepatnya tahun 2025, tentang seorang pria introvert dan kesepian bernama Theodore Twombly (Joaquin Phoenix). Dia yang merasa tidak bahagia akan perceraiannya membeli sebuah sistem operasi yang disebut OS1. OS1 merupakan sebuah sistem operasi yang bisa bicara dan memiliki intuisi, pikiran dan perasaan. Sistem operasi yang dimiliki oleh Theodore ini bergender wanita dan menamakan dirinya "Samantha" (Scarlett Johansson). Setelah sekian waktu mereka berinteraksi, mereka pun jatuh cinta walaupun akhirnya tidak bahagia karena bagaimanapun juga "Samantha" hanyalah sistem operasi yang bisa digunakan oleh semua orang.


Trend yang ada di film ini adalah sistem operasinya sendiri, yaitu OS1 dimana yang kita lihat di film orang-orang banyak menggunakannya untuk menjadi teman atau bahkan kekasih karena kemampuan OS tersebut yang pintar dan memiliki perasaan. Dari hal-hal tersebut memungkinkan untuk orang-orang di masa itu untuk memiliki teman yang ideal.

Dalam film itu juga menunjukkan kehidupan sosial di masa depan, dimana orang-orang makin sibuk dengan gadget-nya sendiri. Hal itu bisa menjadi penyebab salah satu alasan munculnya OS1. Selain itu juga, semua teknologi menjadi semakin canggih seperti halnya telepon genggam yang sudah berwujud seperti earphone tanpa kabel yang dioperasikan melalui suara dan juga teknologi game dan komputer lainnya yang menggunakan sensor suara juga gerak.


Apakah trend-trend teknologi dalam film ini bisa terjadi di masa depan? Saya sendiri tidak yakin kalau semua teknologi di film ini akan terjadi. Seperti OS1 tersebut, menurut saya teknologi seperti ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat di masa depan karena butuh waktu lama untuk menganalisis dan melakukan berbagai percobaan agar bisa menghasilkan teknologi yang diidamkan. 

Sebenarnya, pada saat ini sedang dikembangkan sebuah robot yang memiliki perasaan. Robot ini disebut ERWIN. Akan tetapi, permasalahan dari menciptakan robot yang memiliki perasaan ini sangat sulit, karen berbeda dengan manusia yang memiliki pikiran irasional, robot memiliki sistem berpikir rasional. Robot ini bisa mengeluarkan lima emosi dasar manusia dengan penyetelan yang sesuai. 

Trend-trend teknologi baru yang muncul dalam film ini, seperti game, handphone, dan lainnya bisa saja terjadi karena awal dari teknologi yang muncul sudah ada. Seperti WII dengan sensor geraknya dan Oculus Rift, konsol game baru berupa virtual game. 


Eriel Risya Helena
1405110008




Tidak ada komentar:

Posting Komentar