Senin, 14 April 2014

ANALISIS FILM "HER"




Film ini menceritakan tentang pria yang mengalami kesepian karena akan bercerai dengan istrinya, sehingga memaksa dia untuk  fokus bekerja.  Sampai pada akhirnya muncullah operating system yang disebut OS1 yang bernama Samantha dan Samantha ini mengisi hari-hari Theodore sampai Theodore jatuh cinta pada gadis  operating system tersebut. Film ini dapat dianalisis melalui beberapa aspek yaitu :
·      Teknologi:
Pada film ini dibuktikan bahwa teknologi berkembang pesat dengan tidak adanya smartphone dan diganti oleh operating system yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Contoh : mengetik dengan hanya berbicara, bermain games melalui visual hologram, menggunakan cap melalui alat digital, dan dilengkapi dengan perasaan sehingga sesame tidak harus bertemu bila ingin membicarakan sesuatu namun dapat melalui email  dan operating system tersebut.
·      Cultural :
Pada segi culturalnya film ini menceritakan beberapa hal yaitu
-       munculnya kesenggangan antar manusia
-       dengan teknologi yang pesat membuat sifat manusia menjadi individualis
-       tata ruang yang minimalis membuat manusia menjadi lebih efisien
-       manusia hanya memikirkan urusan dirinya sendiri dan dengan teknologinya
-       manusia menjadi sangat sibuk, sibuk dengan  dirinya dan kesibukan tersebut membuat manusia menjadi egois

·      Behavior :
Pada film ini diceritakan dengan berkembangnya teknologi membuat manusia yang awalnya adalah makhluk sosial menjadi makhluk individual yang hanya mementingkan urusan sendiri sampai membuat manusia dapat jatuh cinta dengan gadis operating system dan membuat segalanya menjadi minimalis. Teknologi menjadi menguasai manusia dengan mengontrol setiap perasaan manusia karna manusia berfikir bahwa ia akan mendapatkan semua yang diinginkan melalui teknologi.


Plausible and implausible :
Menurut saya hal yang memungkinkan dalam film ini adalah teknologi yang akan berkembang pesat dan akan mengendalikan manusia, karena bagaimanapin manusia akan terus mengikuti trend yang ada dan akan mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
Hal yang tidak mungkin dalam film ini adalah jatuh cinta pada hal yang fiksi yaitu gadis operating system, karena pada akhr film tersebut dibuktikan bahwa cinta itu hanya dapt dibuktikan oleh dua orang yang nyata, dan saat Theodore memvisualkan Samantha pada orang lain menurut saya itu tidak mungkin dan hasilnya pun tidak berhasil.


Dinar Yuliawati
1405114007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar