Senin, 21 April 2014

"Hatsune Miku" Vocal Synthesizer Application


Hatsune Miku adalah sebuah persona humanoid dari sebuah aplikasi synthesizer suara yang diutamakan untuk nyanyian yang dikembangkan oleh Crypton Future Media. Karakter ini menggunakan teknologi singing synthesizing bernama "Vocaloid 2" dan Vocaloid 3" dari Yamaha Corporation. Sampel suara dari Hatsune Miku ini berasal dari seorang pengisi suara Jepang bernama Saki Fujita. Nama karakter "Hatsune Miku" ini menurut Crypton adalah "suara pertama dari masa depan".

Crypton merilis seri karakter vokal pertama mereka, Hatsune Miku, pada tanggal 31 Agustus 2007. Crypton memiliki ide untuk merilis Hatsune Miku sebagai "an android diva in the near-future world where songs are lost"


Vocaloid itu sendiri merupakan sebuah software singing voice synthesizer. Software ini memungkinkan para penggunanya untuk menyintesis lagu dengan memasukan lirik dan melodi dari lagu tersebut.


Walaupun dikembangkan oleh Yamaha, pemasaran dari masing-masing Vocaloid ini diserahkan pada masing-masing studio. Yamaha sendiri bertugas untuk menjaga tingkat pemasaran pada software vocaloid yang sebenarnya. Sebuah majalah Jepang, DTM Magazine, juga berperan dalam mempromosikan software ini yang juga mempunyai fitu vocaloid lain seperti Kagamine Rin dan Len, dan juga Megurine Luka. Selain ke-empat karakter ini, ada juga karakter lain seperti Kaito dan Meiko, serta masih banyak lagi

Seperti halnya diva yang nyata, para diva android ini juga memiliki banyak penggemar. Pada bulan Agustus 2010, sudah ada lebih dari 22ribu lagu original yang ditulis untuk Hatsune Miku. Salah satu album kompilasi Vocaloid, Exit Tunes Presents Vocalogenesis feat. Hatsune Miku, melakukan debutnya dalam tangga album lagu mingguan Jepang tanggal 10 Mei 2010, dan menjadi album vocaloid pertama yang bisa merajai tangga lagu.

Selayaknya seperti diva nyata juga, Hatsune Miku sebagai virtual idol, melaksanakan "live" konser pertamanya semasa Animelo Summer Live di Saitama Super Arena, tanggal 22 Agustus 2009. Tidak sampai disitu, Hatsune Miku juga sudah melangsungkan konser "live"nya di beberapa negara seperti di Amerika, tepatnya di Nokia Theater, Los Angeles; lalu di Theatre du Chatelet Opera House, Paris tanggal 13 dan 15 November 2013. Yang terbarunya adalah secara ofisial, Hatsune Miku akan melangsungkan konsernya di JCC, Jakarta pada tanggal 28-29 Mei mendatang.


Video diatas merupakan salah satu live concert di Jepang. The video isn't mine.

Eriel Risya Helena
1405110008
KTM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar