Senin, 28 April 2014

Sustainable Design Interior

     Limbah merupakan zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia dan limbah dapat berupa tumpukan barang bekas, sisa kotoran hewan, tanaman, maupun sayuran dan pada saat ini keberadaan limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah.



   


    Akibat dari semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya maka bertambah pula buangan/limbah yang dihasilkan dan pemanfaatan limbah plastik dapat dilakukan dengan pemakaian kembali (reuse) maupun daur ulang (recycle).

     Salah satu nya adalah pemakaian botol plastik maupun botol kaca yang diterapkan pada desain interior.  Seperti yang kita ketahui desain rumah Pa Ridwan Kamil yang menggunakan bahan dasar botol kaca yang disusun semenarik mungkin yang diterapkan pada dinding depan rumah.




       Rumah yang di desain sendiri oleh walikota Bandung tersebut berfungsi sebagai estetika pada rumah tersebut, material botol juga digunakan sebagai pengganti dinding kaca, dapat dibentuk sesuai konsep yang diinginkan dan material botol kaca tersebut ramah lingkungan dan berjangka waktu panjang bila digunakan , rumah botol juga berjasa dalam penghematan energi. Dindingnya yang terbuat dari kaca, membuat sinar matahari lebih mudah masuk sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, sela-sela pada botol membuat sirkulasi udara mudah untuk masuk, dan udara panas di luar juga tidak membuat gerah di dalam. Radiasi panas terperangkap di dalam botol-botol bekas yang menjadi dinding rumah. namun dibalik keuntungan tersebut, material botol kaca perlu perawatan yang lebih dibanding dengan dinding biasa. 












Sumber : 
http://www.mediaproyek.com/2013/09/uniknya-rumah-botol-bandung.html
http://www.apakabardunia.com/2012/04/rumah-dari-30000-botol-bekas.html

Nama : Efianna Boru L
NIM : 1403110066
Prodi : Desain Interior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar