Senin, 12 Mei 2014

Slow Culture; Fruits Garden

Slow Culture; Fruits Garden

Berkebun, merupakan kegiatan sederhana yang agak sulit ditemukan di lingkungan perkotaan mengingat terbatasnya lahan dalam pendirian bangunan. Sulitnya menemukan waktu luang seringkali dijadikan sebagai alasan untuk tidak melakukan kegiatan yang terbilang menyenangkan tersebut, anak-anakpun menjadi ‘betah’ di rumah dengan segala permainan gadget mereka tanpa mengenal dunia luar dan bersosialisasi secara luas yang bisa dilakukan selama berkebun baik dalam meningkatkan quality time bersama keluarga maupun bersama dengan orang lain.



salah satu alternatif; tabulampot 

Karena keterbatasan lahan tersebut, banyak keluarga yang mencari alternatif lain dalam bentuk tabulampot; yaitu menanam tanaman dalam sebuah pot, sebagai media yang membentuk kedekatan antar anggota keluarga. Ada juga keluarga yang mengatasinya dengan mengikuti kegiatan weekend di luar kota untuk mencoba berkebun sendiri yang juga menjadi sarana hiburan, rekreasi serta edukasi bagi anak-anaknya.

media sosialisasi, rekreasi, edukasi dan afeksi







Adanya kendala tersebut memberikan saya ide dalam membuat slow culture yang dapat meningkatkan quality time bersama keluarga dan orang lain (dalam hal ini orang baru) dengan cara mendirikan sebuah tempat yang memiliki empat poin utama yaitu: hiburan, rekreasi,  edukasi dan afeksi. Tempat ini ditujukan untuk rangkaian family gathering in fruits garden, dimana sebuah keluarga atau lebih dapat memulai kegiatan dengan cara berkebun yang baik, memetik buah hasil kebun dan mengolahnya dalam bentuk beberapa produk olahan untuk nantinya dapat dibawa pulang sebagai cendra mata buatan sendiri atau dikonsumsi di tempat. Disini, baik orangtua maupun anak-anak, dapat bersosialisasi secara luas, saling bertukar pikiran dan berbagi rangkaian kegiatan menyenangkan berbeda yang mereka alami. Para orangtuapun dapat berbagi resep mengenai olahan apa saja yang dapat dibuat dari buah-buahan tersebut seperti selai buah, es buah, puding buah hingga olahan minuman segar infused-water. Merekapun dapat bersantai dengan nyaman, karena telah disediakannya fasilitas untuk bertamasya, piknik atau sekedar beristirahat di sekitar area perkebunan yang rindang.

Produk olahan


selai strawberry

Jelly/agar-agar

 es buah/sop buah

infused-drinks

Family Time


Faradina Nurfitri Hikmatunnisa
1405110030
Fashion Forecasting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar