Minggu, 11 Mei 2014

S L O W T E C H C O N C E P T

SLOW TECH CONCEPT

Dunia sudah seakan berputar dengan cepat, begitupun dengan teknologi. Perkembangan teknologi pun semakin hari semakin berkembang, terlihat dari banyaknya jenis gadget dan juga aplikasi yang memudahkan, membantu, bahkan membuat kita menjadi penggila teknologi. kini setiap orang pasti sudah memiliki gadget atau smartphone yang memang sangat membantu dalam hal apapun. Mulai dari bekerja, tertawa, menangis ataupun bergembira. Lantas, mengapa kita membutuhkan orang lain jika semuanya bisa kita dapatkan hanya dengan sebuah smartphone?

Tidak salah jika kita termasuk orang orang yang penggila atau pecandu teknologi, contoh nyatanya yaitu seperti:
· Seringnya mengecek smartphone
·  Selalu online setiap waktu
·  Resah tanpa gadget
·  Penghuni dunia maya
·  Canggung secara sosial namun sangat pintar di dunia maya
·  Selalu memposting suatu hal di sosial media

Bahkan, ada sebuah blog menyebutkan bahwa kita sedang berada dalam generasi idiot (?!), itu terlihat dan terbukti dari hal berikut:
·         Hangout bersama teman tapi justru bermain handphone
·         Anak kecil lebih suka bermain smartphone dibanding bermain diluar
·         Liburan saatnya pamer di sosial media
·         Kepopuleran seseorang hanya dilihat dari jumlah followers
·         Curhat di sosial media, bukan dengan sahabat
·         Belum bisa tidur jika belum membuka smartphone
·         Saat menyendiri, adalah saat bersama smartphone

Tanpa kita sadari, ternyata terlalu banyaknya waktu yang kita luangkan untuk menggunakan smartphone juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, yang terparah yaitu stress karena gangguan tidur, terdapat para peneliti menyebutkan, cahaya yang dipancarkan gadget, baik computer jinjing, computer tablet maupun smartphone dari layar gadget memancarkan banyak cahaya biru yang menekan melatonim, hormone yang mempengaruhi siklus tidur dan bangun seseorang.

Teknologi memang banyak membantu, namun jika terlalu mendewakan dan tidak bisa hidup tanpa teknologi, sepertinya kita harus sedikit belajar mengurangi dan mencari hal-hal lain yang lebih positif serta lebih banyak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Maka dari itu, saya ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat di download (atau kedepannya setiap smartphone telah memilikinya). Aplikasi ini diciptakan untuk orang yang sadar akan buruknya dampak menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang panjang, tetapi mereka masih belum bisa mengatur waktu. Aplikasi ini berupa reminder atau pengingat, yang membuat sang pengguna gadget hanya bisa menggunakan sosial media hanya dengan 2 jam sehari. Si pengguna juga lah yang mensetting  berapa lama menggunakan seluruh sosial media yang mereka miliki dengan waktu tidak lebih dari 2 jam. Jika pengguna melanggar, maka aplikasi ini akan membuat vibrate dengan waktu yang lama tanpa henti, yang dapat menghabiskan energy baterai dari smartphone tersebut dengan cepat. Dengan begitu, pengguna akan ragu untuk melanggar peraturan aplikasi reminder ini.


Sudah waktunya lihat sekitar, bukan lihat smartphone
Stay smart, without smartphone



Yuasilvani Devega. K
1405112023
KTM’11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar