Senin, 17 Februari 2014

What's up 60's & 70's?


Tahun 1960-an dan 1970-an memang menyimpan banyak catatan peristiwa penting dan meninggalkan pengaruh yang besar bagi perkembangan dunia dalam segala aspek. dalam artikel saya kali ini, saya akan membahan tentang beberapa peristiwa maupun hal-hal yang mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan dunia bahkan hingga sekarang.

Cekidot!
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~HIPPIES~~~



Siapa yang tidak kenal dengan istilah Hippies?  Hippie merupakan sebutan untuk kaum anak muda / Kumpulan anak muda yang terbentuk pada awal tahun 1960 dan resmi menjadi sebuah grup sosial pada tahun 1965. Hippies banyak memberi pengaruh pada perkembangan Seni di dunia terutama pada seni Musik dan Fashion. istilah Hippies atau yang biasa juga disebut sebagai Flowers Generation digunakan untuk menyebut kaum tersebut. 
Hippies memprotes dan menentang semua bentuk yang terorganisir dan berharap adanya perubahan dalam bidang sosial dan politik diantaranya, gerakan anti - perang Vietnam dan hak azasi manusia, gerakan mahasiswa, perempuan, gerakan hak kaum homoseksual, dan pelestarian lingkungan hidup.Hippies mempopulerkan kehidupan cinta damai dan anti perang dengan semboyan mereka yang berbunyi:   "Make Love, Not War"
Gerakan protes ini terjadi di Amerika Barat khususnya di kota San Fransisco negara bagian California. Pada awalnya kaum hippie ini merupakan bagian dari Youth Movement yang terdiri dari kaum muda kulit putih yang menganut Tradisi Bohemians dan Beatniks. Mereka menjadikan Seni Alternatif, teater jalanan, musik folk dan psychedelic rock sebagai bagian dari gaya hidup mereka dan sebagai media untuk mengekspresikan suara mereka mengenai isu-isu sosial.
Hippies mempraktekkan kehidupan bebas dengan berpakaian seenaknya dan berusaha membebaskan diri dari kemelut dunia melalui musik, seni, dan menjadi vegetarian. Pada tahun 1970-an gerekan Hippies sebagai kelompok protes memudar, namun pengaruhnya sebagai budaya kontra meluas ke dalam banyak bidang dan menimbulkan gelombang revolusi sex tahun 1970-an di kalangan generasi muda Amerika maupun Eropa, serta mempengaruhi timbulnya gerakan lingkungan hidup dan demokrasi secara umum di Amerika Serikat.

Cara Berpakaian Kaum Hippies
Cara berpakaian kaum Hippies memiliki ciri khas tersendiri. Mereka memakai pakaian warna-warni dengan bentuk yang unik dan konon bentuk dan warna tersebut merupakan 'sesuatu' yang mereka lihat dalam keadaan trans saat sedang memakai obat-obatan terlarang/narkoba. Gaya rambut mereka dibiarkan berantakan dan panjang. Kaum laki-laki memelihara jenggot dan kaum perempuan memakai maxi dress atau skirt yang panjang sampai ketumit. Di barat kaum Hippies juga terlibat dalam body painting, body piercing dan seni tato tubuh. Hippies style sendiri merupakan gabungan dari beragam gaya yakni retro, ethnic, gypsy, elemen dari kostum rakyat atau beju bersejarah, sehingga tidak terdapat aturan yang tegas mengenai Hippies style, sebab setiap orang diperbolehkan untuk mengekspresikan kepribadian mereka secara bebas.
salah satu karya  dari Kaum Hippies pada saat itu
~~~PSYCEDELIC ERA~~~


Psychedelic berasal dari bahasa Yunani, psyche yg artinya pikiran dan delein yang artinya pengejawantahan/manifestasi. Sehingga Psychedelic dapat diartikan sebagai manifestasi pikiran.atau lebih mudahnya Psycedelic adalah suatu bentuk perwujudan untuk menyatakan apa yang ada dalam pikiran mereka. 
Aliran Psychedelic banyak berkembang di bidang musik, film, fashion maupun kebiasaan-kebiasaan sosial anak muda di jaman itu. Pengalaman ketika mengalami psychic moment, mengalirkan inspirasi baru dalam bidang seni, termasuk di bidang desain.
Dalam bidang desain sendiri, aliran Psychedelic juga dikenal dengan istilah Pop Art. Psychedelic muncul beriringan dengan budaya hippies yang berkembang pada tahun 60-an di daerah Haight Ashbury, San Fransisco. Nama psychedelic berkaitan erat dengan psychedelic drugs yang popular di kalangan kaum muda pada saat itu, terutama seringkali ditemui pengunaannya pada konser-konser music rock. Poster artis dan pemusik berusaha untuk menangkap kesan visual penglihatan para pengguna drugs pada saat sedang‘fly’. Gaya-gaya tipografi pada Psychedelic terpengaruh oleh Art Nouveau, tetapi terdapat pemadatan, bentuknya curvilinear dan berupa handwriting. Pada pewarnaan terpengaruh gayaPop Art dengan warna-warnanya yang mencolok dan ramai.






Ciri-ciri desain Psycedelic style :
        1)    Tipografi yang semakin kreatif dan inovatif, tipografi tidaklah lagi hanya sekedar tulisan tetapi sudah menjadi bagian dari image.
        2)    Permainan headline dan subheadline
        3)    Pencampuran berbagai aliran desain grafis pada masa-masa sebelumnya di dalam satu karya
        4)    Artistik dengan penggunaan teknik fotografi yang semakin berkembang
        5)    Penggunaan letterforms sebagai image

~~~THE BEATLES~~~




The Beatles merupakan band legendaris yang memberi pengaruh besar dalam perkembangan dunia musik di dunia. Karya-karya The Beatles banyak mendapat pujian dari berbagai kalangan di dunia. Mereka band paling sukses secara komersil dalam sejarah modern, musik yang tegolong inovatif memiliki dampak budaya yang berpengaruh besar saat tahun 1960 dan sangat berpengaruh pada music-musik saat ini. Saat ini, The Beatles adalah salah satu dari dua legendaris musik terbesar yang mampu menjual lebih dari 1 miliar copy album mereka.
The Beatles merupakan band beraliran musik rock yang dibentuk di Liverpool, Inggris pada tahun 1960.
Formasi awal The Beatles yaitu John Lennon (Vokal, Gitar), Paul Mc Cartney (Vokal, Gitar), George Harrison (Vokal, Gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (Drum). Namun tak lama kemudian Stuart Sutcliffe mengundurkan diri (hijrah ke Jerman dan menikahi Astrid Kircherr dan meninggal disana tahun 1962 akibat pendarahan di otak). Lalu pada tahun 1962 Pete Best hengkang dari The Beatles, dan posisinya digantikan oleh Richard Starkey alias Ringo Starr.
Gaya yang diusung oleh The Beatles banyak mempengaruhi Fashion pada masanya hingga kini, seperti gaya rambut "The Mop Top" kemudian kacamata John Lennon yang memiliki bentuk bulat hingga Beatles's Boots.
 Salah satu hal yang banyak dikenal masyarakat dunia adalah cover album terakhir The Beatles berjudul Abbey Road yang menurut masyarakat banyak foto cover ini menyimpan misteri dan disangkutpautkan dengan kematian McCartney.
Cover Album Abbey Road
~~~Twiggy~~~


Lahir dengan nama asli Lesley Hornby, supermodel asli Inggris yang berjaya di era 60an ini, memulai karirnya sejak usia 15 tahun. Ciri khasnya, yaitu rambut pirang, mata besar, tubuh super kurus dan pembawaannya yang boyish membuatnya menonjol di dunia modeling. Twiggy juga merupakan salah satu pelopor Mod Style.







~~~SATURDAY NIGHT FEVER~~~
Film Saturday Night Fever (1977) memang tak dapat disangkal lagi telah memberikan pengaruh yang cukup luar biasa saat itu dan hingga kini. Film yang bercerita tentang, sebuah kehidupan yg dijalani sekelompok anak muda yang mencari hiburan di malam minggu utk berjoget dan minum-minun di sebuah diskotik. Menyuguhkan genre musik yang khas sejak awal adegan film diputar, menarik pendengar untuk ikut berjoget. Film ini selain telah mempopulerkan tokoh utamanya yaitu John Travolta, film ini juga membawa genre Musik Disco mencapai masa kejayaannya pada saat itu. tak hanya itu, Lagu-lagu Soundtrack yang dinyanyikan ole The Bee Gees seperti How Deep is Your Love, Stayin Alive, sampai Night Fever yg semuanya terasa berkesan hingga sekarang. 
The Bee Gees

Dari film ini kita juga bisa melihat sebuah potret kehidupan anak muda di era 70-an yg benar2 menikmati kegiatan mereka dgn berjoget di lantai dansa, letak daya tarik film yg disutradarai oleh John Badham ini berada pada gaya musik disco dengan style yang cukup unik, penampilan John Travolta memang sangat keren dan berciri khas. Mulai dr style berpakaian hingga gaya rambutnya, yg paling menonjol dr seorang John Travolta disini adalah kemampuannya dalam berjoget disko yg terlihat bak seorang penari profesional.
Selain tentang cinta dan persahabatan Saturday Night Fever juga tak bisa dilepaskan dr realitas budaya urban di Amerika itu sendiri, Tony Manero merupakan wujud dr pemberontakan kaum muda yg berjuang utk membuktikan eksistensi dirinya, memang Saturday Night Fever akan selalu teringat bukan dari segi ceritanya melainkan berkat penampilan yg memikat dr John Travolta, apalagi dgn diiringi musik dr Bee Gees yg seperti terdengar abadi, pasti akan dibuat bergoyang dengan menonton film ini.  

Satuday Night Fever di perankan oleh John Travolta sebagai Tony Manero pemuda 19 thn yg berpenampilan keren dan tinggal di Brooklyn, kehidupannya cukup keras dimana ia bekerja di sebuah toko cat dan keluarganya sendiri lebih menyayangi kakaknya sehingga Tony kadang sering bertengkar dgn orangtuanya. Setiap malam minggu Tony bersama dgn sahabatnya Joey (Joseph Cali), Double J (Paul Pape) dan Bobby (Barry Miller) pergi ke sebuah diskotik bernama 2001 Odyssey, selain menghabiskan waktu utk bersenang-senang selepas bekerja senin-jumat, disana Tony juga memamerkan keahliannya berjoget di lantai dansa hingga ia nampak sperti raja disko yg membuat kagum teman-temannya dan seluruh pengunjung diskotik, Tony terpikat dgn seorang wanita yg jago berdansa bernama Stephanie (Karen Lynn Gorney), melihat hal tersebut ia berusaha mendekati Stephanie utk mengajaknya menjadi partner di kontes dansa namun ternyata Stephanie yg berusia lebih tua darinya bersikap acuh dan mengangapnya sepele, Tony pun berusaha bersikap lebih dewasa dan membuktikan kpd keluarganya bahwa ia memang pantas utk dibanggakan.

Aksi John Travola di Film Saturday Night Fever
  
~~~Music and Fashion 70's~~~ 


 Musik yang berkembang di awal tahun 70-an hingga akhir cukup banyak membawa pengaruh dalam perkembangan musik dunia. pengruhnya pun masih dapat kita rasakan hingga kini. Gendre musik yang berkembang di era ini adalah Pop Music (ABBA, Jackson Five, Diana Ross, Neil Daimond), R&B/Urban, Outlaw Country, New Wave, Power Pop, Hip-hop/Rap, Electronic Music, Reggae (Bob Marley), dan beberapa gendre musick Rock seperti Hard Rock (Aerosmith, Kiss), Heartland Rock, Progressive Rock, Glam Rock, Punk Rock, dll. 
Musik disco dan soft rock mendominasi tangga lagu dan ikon musik dari era ini antara lain Jimi Hendrix, Bee Gees, Pink Floyd, Aerosmith, Sex Pistols dan sang raja pop Elvis Presley.
Model Celana Bell Bottom
Fashion pun tak luput dari perkembangan musik, Musik memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan fashion. Berbagai macam style muncul dan populer dari penyanyi-penyanyi  terkenal dimasa itu. 
Bell bottoms, big hair, sepatu platform telah menjadi item dan style yang mempresentasikan era ini. Sepatu platform dengan sol tebal hingga belasan senti dipakai oleh pria dan wanita. Celana bell bottom menjadi must have item di era ini dan semua diabadikan di film Saturday Night Fever.

 ~~~PUNK~~~

Berawal dari band Sex Pistols dan hit mereka yang terkenal adalah “Anarchy in U.K.”. Grup band yang berasal dari Inggris yang dalam tiap pertunjukannya selalu dihadiri anak-anak muda dengan dandanan berbeda dari yang lain.  Wabah ini pun secara cepat menyebar ke Eropa.

Punk
muncul sebagai bentuk reaksi masyarakat yang kondisi perekonomiannya lemah dan pengangguran di pinggiran kota-kota Inggris, terutama kelompok anak muda, terhadap kondisi keterpurukan ekonomi sekitar tahun 1976-1977. Kelompok remaja dan kaum muda ini merasa bahwa sistem monarkilah yang menindas mereka. Dari sini muncul sikap resistensi terhadap sistem monarki. Kemarahan-kemarahan ini diwujudkan dalam bentuk musik yang berisi lirik-lirik perlawanan dan protes sosial politik serta cara berpakaian yang tidak lazim. Konser-konser musik digelar sebagai media untuk mengampanyekan ide-ide mereka.  









Ciri khas kaum punk ialah permakan rambut mohawk “bagian tengah mencuat lurus ke atas mirip bulu landak, bagian samping dicukur plontos”kemudian gaya rambut corrosion, di mana rambut diataskan dan dibentukan duri dengan pemakaian lem. Pakaian tipikal seorang punk ialah jas kulit yang ditempel spike-spike metal, celana jeans belel dan ketat, terkadang sobek-sobek atau terpasang emblem-emblem band favorit


 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 Baiklah sekian Informasi yang bisa saya sampaikan, haha,formal banget, :D.  WOW! Ternyata banyak banget hal dan peristiwa yang muncul di era 60's hingga 70's, yang saya tulis ini adalah beberapa dari sekian banyak hal yang terjadi di era tersebut, perlu buat buku kayaknya kalau mau dibahas semua(hehe). Dan ketika membuat artikel ini pun banyak membuat saya tersadar dan terkejut, hal-hal yang awalnya saya tahu hanya sepintas dan musik-musik yang ternyata sering diperdengarkan ayah saya kepada saya saat kecil ternyata berkembang di era ini. Dan apa yang berkembang di era ini menurut saya banyak memberikan pengaruh yang besar dan masih terasa hingga kini. satu pesan dari saya adalah mengenal "Sejarah" itu penting, sehingga kita dapat mengerti dan tahu apa yang terjadi Dahulu, Sekarang bahkan Nanti.

Semoga bermanfaat bagi yang membaca..:)

Saya, Aubrietia Violentina.

Sumber :
http://www.anehdidunia.com/2012/03/misteri-album-cover-beatles.html
http://ilman-gallery.blogspot.com/2012/04/sejarah-beatles.html
http://idiva.com/photogallery-style-beauty/5-trends-the-beatles-started/16457/6
http://gn0ssos.wordpress.com/2009/04/06/ode-to-twiggy-a-makeup-how-to/
http://www.gadis.co.id/gaya/ngobrol/twiggy.super.model.sepanjang.masa/001/007/587
http://www.pasarkreasi.com/news/detail/music/123/sejarah-kelahiran-punk
http://en.wikipedia.org/wiki/1960s
http://en.wikipedia.org/wiki/1970s
http://siaya.webs.com/apps/blog/entries/show/1902637-psychedelic-wave-salah-satu-aliran-dalam-desain-
http://ajengnovia0.blogspot.com/2013/04/hippies-community.html
http://rockin-roots.blogspot.com/2012/05/sejarah-hippies.html
http://cupakcuwow.blogspot.com/2013/09/sejarah-singkat-bee-gees.html
http://dedyyulfris.blog.com/2013/02/21/sejarah-gerakan-punk-hardcore-dan-skinhead/
http://www.rockmusictimeline.com/1970s.html
http://www.fimela.com/read/2011/01/07/groovy-70s/page/0/1
http://calvadozlines.blogspot.com/2013/03/review-saturday-night-fever-1977.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar