Senin, 17 Februari 2014

fenomena Tahun 60an dan 70an

Airin Karina 1405110003

Fenomena yang akan saya analisis merupakan band indonesia tahun 60an yang ternyata tidak disangka adalah pelopor musik rock n' roll. bahkan band the beatles pun ter inspirasi dari mereka. yap! mereka adalah band asli indonesia, tapi sejarahnya banyak yang dilupakan. pendapat yang saya bahas ialah jangan kita melupakan musik indonesia yang sudah ada dari zaman dahulu. meskipun kita menyukai musik luar, tetapi jangan pernah melupakan musik indonesia terutama sejarah musiknya.
pengaruh dan perkembangan musik rock and roll sampai sekarang ini sangatlah beragam, pengaruh musik rock and roll sampai saat ini, banyak musik rock yang diminati sama masyarakat indonesia ataupun dunia. sampai-sampai model busananya pun ada yang mengikutinya. meskipun ada juga yang mengikuti trend mode nya yang rapi dan urakan, tergantung mereka mengenal musik rock itu sendiri. perkembangannya pun cukup pesat sampai sekarang. dan sekarang musik rock banyak diminati sama kalangan dari yang muda sampai yang sudah lanjut usia. dimana mereka menelaah sampai dimana mereka mengenal musik rock and roll itu. ada juga pengaruhnya yang pro dan kontra dari segi mana orang awam yang melihatnya.jangan jadikan musik rock and roll itu menjadi jelek, ada juga bagusnya. makanya dari itu tergantung masyarakat yang menilai musik rock and roll mana yang baik sama mereka.

 History
Siapa sangka ternyata legenda The Beatles cara bermusiknya dan aksi panggungnya terinspirasi dari Band Indonesia yakni THE TIELMAN BROTHER'S. THE TIELMAN BROTHER'S menjadi sejarah musik Rock n Roll di Indonesia yang dilupakan bangsanya. Mereka adalah orang keturunan Maluku yang besar di Surabaya dan pindah ke Belanda untuk mengadu nasib. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess.
THE TIELMAN BROTHER'S, Andy Tielman sang frontman sering beratraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan, jauh mendahului Jimi Hendrix pada tahun 1956. Aksi ini 11 tahun sebelum permainan gila gitaris Jimi Hendrix yang terkenal pada tahun 1967.

Pelopor musik Rock n Roll adalah BAND INDONESIA.
Band inilah yang menginspirasikan THE BEATLES.Band ini datang sebelum masa Rock n Roll dan band ini adalah orang INDONESIA. Keturunan Maluku yang besar di Surabaya.

 Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi
THE TIELMAN BROTHER'S sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. Saat The Beatles manggung di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan THE TIELMAN BROTHER'S yang manggung menggunakan Hofner Violin Bass. Dan saat itulah pertama kalinya Paul McCartney melihat Hofner Violin Bass. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim Representativenya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.



Fenomena yang saya analisa yaitu Fahion Icon " The Edgy Edie Sedgwick ". Edie Sedgwick adalah seorang seorang aktris, model, sosialita asal Amerika. Karirnya bersinar sekitar tahun 60-an ketika dia menjadi muse bagi seorang seniman dan filmmaker ternama, Andy Warhol. Edie Sedgwick menjadi terkenal pada masanya karena dia berani tampil beda. Signature style andalannya adalah rambut super pendek berwarna blonde, kohl/eyeliner super tebal dan anting chandelier antik yang membuatnya terlihat edgy namun glamor.

Ketika wanita lain tidak terlalu berani mendobrak tradisi dengan tampil boyish, Edie dengan cueknya memilih leotard atau black tights dan sweater sebagai barang favoritnya untuk tampil sehari-hari. Sayangnya, Edie Sedgwick meninggal dalam usia yang cukup muda, yaitu 28 tahun karena ketergantungannya terhadap obat-obatan. Well, meskipun usia ketenarannya  berlangsung dalam waktu yang cukup singkat, tapi dia pantas untuk disebut sebagai seorang fashion icon untuk keberaniannya dalam bereksperimen dengan penampilannya.
Pengaruh fashion boyish dan rada cuek sudah berpengaruh besar pada anak muda zaman sekarang, yang wanita zaman sekarang memotong rambutnya seperti laki-laki dikarenakan mereka suka model rambutnya. istilah kata mengikuti zaman fashion yang lagi booming. takutnya mereka berpotongan rambut seperti itu ada yang salah menafsirkan wanita macam apa yang dilihat masyarakat sekarang, takutnya banyak yang beranggapan dia lelaki beneran,tpmboy atau suka sesama jenis. banyak sekali pro kontra dimata masyarakat. dan perkembangan fashion boyish sampai saat ini masih menjadi trend yang masi dipakai pada zaman sekarang. perkembangannya sangatlah booming meskipun banyak yang disalahgunakan pleh berbagai pihak yang memotong rambutnya menjadi pendek.


Fenomena yang saya analisis ialah The Classic and Lasting Mod Style. Mod style pertama kali dikenal era tahun 60an. Gaya ini terinspirasi oleh sebuah subculture di Inggris yang terbentuk berdasarkan aliran musik. Kata Mod sendiri diambil dari kata modernist yang seringkali diartikan terhadap apapun yang populer, fashionable dan modern. Gaya mod sebenarnya merupakan perpaduan antara Italian dan French style. Mod culture tidak bisa dipisahkan dari fashion dan musik, dan juga scooters.

Mod fashion banyak terinspirasi dari pop-art seperti geometric pattern dengan warna-warna bold. Mereka pun sering mengadaptasi logo-logo seperti simple logo abstrak dengan arrows dan dots, atau bahkan street signs bisa juga menjadi motif mod fashion. Jiwa patriotisme anak muda Inggris pada tahun 60an tercermin pada logo Union Jack, british air force symbol serta patches air force medallion pada military shirt ataupun turtleneck sweater mereka. Selain itu gingham, paisley, polkadot, dan tartan juga menjadi 'must-have' fabric list untuk mod fashion kala itu.

Mod fashion memang tidak ada matinya. Setelah hampir lebih dari setengah abad, gaya ini selalu bertahan dan bahkan berkembang dari waktu ke waktu. Kebanyakan dari para mods, yang bisa berarti orang tua kita (remaja era 60an), tetap menggemari gaya ini dan menurunkannya ke anak mereka. Mod fashion memang tidak hanya sekedar gaya hidup, ia merupakan sebuah pergerakan yang menyatukan antara, seni, musik, design, film dan scooters pada saat bersamaan. Mod fashion berasal dari street-style bukan hasil dari rancangan designers. Ketika mendengar kata mod, yang pertama terlintas adalah sekumpulan anak muda dengan 'clean cut stylish clothes' yang mengendarai scooters. 

Fenomena yang saya analisis ialah Ekspresi Wajah Anak kecil Yang menyeramkan di Iklan Roti tahun 70-an. Iklan makanan anak-anak yang biasanya di hiasi dengan wajah lucu anak-anak atau pun kartun-kartun lucu yang menarik,namun tidak demikian pada tahun 70-an tidak demikian yang tampak ialah wajah-wajah menyeramkan anak-anak.
pengaruh dan perkembangan yang saya lihat mengenai ekspresi wajah anak kecil menyeramkan sangat berbeda dari zaman dulu dan sekarang. mungkin perkembangan zaman dulu sudah direvisi ulang,dikarenakan seiring perkembangan zaman. karena mungkin anak-anak zaman sekarang mungkin takut akan iklan anak-anak yang menyeramkan, jadi iklan anak-anak zaman sekarang lebih membuat agar anak-anak ceria dan suka yang akan diiklankan oleh acara itu dan mau membeli dan memakannya. kalau tidak dirubah iklannya pasti anak-anak zaman sekarang pasti akan takut melihat acara tv yang ada iklan anak-anak yang menyeramkan.






Fenomena yang saya analisis merupakan Gaya rambut tersebut menjadi lebih beragam di tahun 60an, dengan trend selebriti seperti Jacqueline Kennedy memberikan inspirasi wanita muda untuk gaya rambut ini. Rambut di tahun 60an awal lebih pendek daripada pada akhir dekade, ketika gaya hippie menjadi populer, dan bersamaan dengan itu, rambut panjang.
Gaya Bouffant (Juga dikenal sebagai “Jackie Kennedy”): First Lady Jacqueline Kennedy mempopulerkan gaya rambut besar. Untuk mendapatkan gaya rambut bob, seorang wanita tahun 60an harus pergi ke salon untuk mendapatkan rambutnya menumpuk tinggi di atas kepala dan membalik keluar di sisi, atau dapt menciptakannya di rumah tetapi bisa dengan memakan waktu yang banyak.
Dan pengaruh gaya rambut tersebut sangat berdampak besar dizaman sekarang, dikarenakan zaman sekarang trend mode 60an dengan gaya rambut besar kembali booming. sebagian besar wanita ada yang masih mengikuti fashion rambut itu. dan perkembangannya menurut saya sangat bagus, mungkin salah satunya ada yang mengidolakan rambut dengan gaya boufant. dan perkembangannya diindonesia sangat cepat karena indonesia memiliki keinginantahuan yang begitu besar dan suka bereksperimen rambut atau gonta ganti rambut yang diinginkan.

Fenomena yang saya angkat adalah tahun 70-an adalah salah satu era yang paling berharga untuk perkembangan fashion. Buktinya, gaya berpakaian dari tahun 70-an masih terus menjadi inspirasi tren mode di masa kini. makanya tidak heran tahun 70an sangat inspiratif.

Terlahir dengan nama Joan Marie Larkin pada 22 September 1958, Joan Jett memulai karirnya pada tahun 70-an dengan band The Runaways. Agresif, fierce dan berbeda dari yang lain adalah kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan dirinya. Gayanya yang serba cuek dan effortless menjadi daya tarik tersendiri.

Perkembangan fashion 70an dengan gaya cuek,jaket kulit hitam, kaos band dan sepatu converse. sangatlah booming dan sampai sekarang masih diikuti fashionnya sampai sekarang dan berpengaruh besar terhadap lingkungan dan kepribadiannya. makanya dari itu ada sisi negatif dan positifnya bila kita mengikuti trend yang lagi hits. jadikanlah trend fashion yang bener-bener mempunyai karakter dikita nya sendiri.

Fenomena yang saya pilih dan saya analisis adalah Trendsetter Gaya Rambut dari Masa ke Masa. Sebagai figur publik, wajar bila selebritas menjadi panutan bagi banyak orang. Ini berlaku di berbagai bidang, termasuk gaya rambut. Seleb yang gaya rambutnya sempat ditiru oleh banyak wanita di seluruh dunia. trend rambut fashion memang banyak yang mengikutinya, apalagi dengan trend model rambut blow yang lagi booming. dan pengaruh trend model rambut itu banyak yg menirunya dan perkembangannya sangat banyak karena wanita-wanita sekarang suka menirukan gaya rambut yg lagi hits difilm-film ternama. dan sampai sekarang juga masih ada model rambut blow  dikarenakan mungkin wanita itu lebih cocok dengan model rambut yang diblow.

History
Di tahun 70-an, saat Farah Fawcett muncul di film Charlie's Angels dengan rambut panjang berlayer dan di-blow ke luar, wanita-wanita di seluruh dunia pun mulai meniru gaya rambutnya. Hingga saat ini, banyak wanita separuh baya di Indonesia yang rambutnya masih bergaya seperti ini.


Fenomena yang saya ambil yaitu kisah tentang Eric Lawson, seorang aktor yang membintangi iklan rokok Marlboro di tahun 70an, meninggal dunia karena penyakit gagal pernafasan.
Lawson meninggal dalam usia 72 tahun di rumahnya, San Luis Obispo, California, 10 Januari lalu. Menurut istrinya, Susan, Lawson mengalami gagal pernapasan akibat gangguan paru-paru kronis (chronic obstructive pulmonary disease/COPD).

Penyakit nya ini erat kaitannya dengan gaya hidupnya. Lawson sudah merokok sejak usia 14 tahun dan lantas menjadi koboi dalam iklan-iklan Marlboro sekitar tahun 1978-1981. Gambar-gambarnya dengan latar belakang alam sambil memegang rokok beredar sekitar tahun 1954-1999. Selama kariernya, Lawson juga pernah tampil dalam acara televisi, seperti Baretta dan The Streets of San Francisco. Dia juga tampil dalam serial Charlie’s Angels, Dynasty, dan Baywatch, sebelum cedera yang mengakhiri kariernya dalam film tahun 1997.
Beberapa tahun lalu dia sempat ‘bertobat’ dan muncul dalam iklan antirokok. Lawson merasa bangga setidaknya pernah ‘berperang’ dengan rokok, meski dia mengaku kalah dan tidak bisa menghentikan kebiasaan buruknya itu.
Pengaruhnya sangatlah besar bagi era dizaman itu dan zaman sekarang karena karena rokok banyak yang meninggal dari anak-anak sampai orang dewasa. dan perkembangannya sangatlah cepat ,apalagi banyak sekarang merk-merk rokok yang beragam ditambah banyak pula perokok aktif dan imbasnya orang-orang disekelilingnya yang menajdi perokok pasif dan sangat berbahaya bagi yang menghirupnya.rokok adalah salahsatu yang sangat negatif bagi indonesia dan dunia dan sangat tidak bagus apalagi rokok merupakan salahsatu rokok yang mematikan bagi yang menghirupnya dan menggunakannya.


  Fenomena yang saya analisis berupa majalah yang Eksis di antara puluhan media cetak lainnya selama 40 tahun adalah bukti nyata bahwa identitas dan ciri khas adalah hal yang krusial. Diterpa oleh perubahan dan perkembangan zaman tidak membuat femina kehilangan jati diri dengan tetap konsisten merekam tren dunia selama 4 dekade, dan menginterpretasikannya melalui gaya penulisan membumi dan aplikatif. Hal ini tentu membuat femina mudah menjelma ke dalam keseharian pembaca, ditambah cara padu padan berbusana untuk menyisakan ruang luas bagi pembaca untuk ikut berkembang bersama dalam mengeksplorasi gaya. pengaruhnya sangat besar diera dulu dan zaman sekarang didunia fashion dan perkembangannya akan sangat cepat dan akan terus maju sampai akhir hayat dan akan menjadi salahsatu fashion yang tidak akan pernah mati.

Awal Inspiratif
Tahun ‘70-an, femina mulai memberi wacana baru bahwa penampilan dan tren mode juga menjadi bagian penting untuk aktualisasi diri. Meskipun terbit pertama kali  tahun 1972 dengan format majalah wanita, bukan sebagai majalah fashion, namun femina didaulat menjadi pedoman terdepan dalam hal gaya dan penampilan.

Fenomena yang saya analisa ialah tentang pesta gadis playboy di tahun 60an. Di tahun itu sangat booming sekali perempuan perempuan yang sexy dan centil.
pengaruhnya sangat besar pada zaman itu dikarenakan wanita dahulu sangatlah tidak bagus tetapi mungkin ada salahsatu yang menjadi faktor mereka melakukan pekerjaan itu, dan perkembangannya mungkin akan menjadi salahsatu faktor yang merugikan masyarakat dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar