Minggu, 16 Februari 2014

Fashion Era '60 dan 70'

60'


Twiggy

Twiggy adalah model, singer, dan juga artis pada eranya. Icon dari tahun 60 ini memiliki ciri khas pixie short hair, mata bulat besarnya, bulu mata panjangnya, dan badan super kurusnya. Twiggy menjadi icon pada era itu karena Twiggy membawa angin baru pada dunia hiburan dengan penampilannya yang super kurus dengan sentuhan androgyny walaupun banyak menimbul kontroversi.  Sebagaimana yang kita tahu bahwa pada era sebelumnya (1950) icon wanita memiliki badan curvy yang seksi dengan tampilan lady look. 

Gaya busana Futurismo


Teknologi dan industri pada era ini berkembang dengan pesat setelah usainya perang. Fenomena ini membuat era 60an disebut sebagai era masa depan atau biasa disebut futurismo. Potongan busana tidak terlalu menonjolkan siluet badan perempuan. Motif pada era ini adalah garis atau bintik yang mengesankan moderenitas dan arti teknologi tingg pada zamannya.

Le Smoking Suit

Busana ini diluncurkan oleh Yves Saint Laurent yang terinspirasi dari fenomena androgyny yang berkembang pada era 60an. Busana ini terdiri dari setelan tuksedo berwarna hitam dengan sentuhan cutting bahu tegas dan juga menggunakan dasi hitam.

Mods Life Style


Mod adalah sebuah subkultur yang lahir di Inggris pada 1950-an dan mencapai puncaknya pada awal hingga pertengahan 1960-an. Lifestyle ini identik dengan mengendari scooter bermerk vespa atau Lambretta dengan style yang rapih yang terinspirasi dari Italy dan Perancis. Lelaki menggunakan suit dan perempuan menggunakan mini dress dengan rambut pendek. Baik wanita ataupun pria menggunakan sepatu boot atau loafer. Musik yang didengarkan adalah modern jazz dan R&B. Arti dari logo mods adalah in my red eyes, i ride with my scooter, in the blue day

Lego

Lego merupakan sebuah permainan yang dapat membuat suatu konstruksi. Lego pada tahun 1960 berkembang denga  pesat dengan mengeluarkan berbagai variasi bentuk, seperti viking, dinosaurus, kereta api, kastil, dll.



70'

Hippies




Biasa disebut juga dengan flower generation, mulai muncul pada akhir tahun 60an dan berkembang sampai tahun 1970 yang terjadi akibat pemberontakan terhadap perang yang terjadi di Vietnam. hippies ini juga merupakan dampak dari baby boom yang terjadi 20 tahun sebelumnya akibat dari perang dunia ke II.

Life Style Hippies

Kaum hippies menentang keras peperangan dan kekerasan dan berpegang dengan kebebasan. Hidup secara nomaden dengan van mereka, pergaulan kaum hippies sangat bebas. Banyak kaum hippies yang menggunakan obat-obatan terlarang.

Style Hippies

Style hippies banyak menggunakan warna yang dipercaya mereka dapatkan inspirasi warna-warna tersebut saat mereka menggunakan obat-obatan terlarang. Kaum hippies banyak menggunakan kaos oblong, celana baggy atau cutbray, dan ikat kepala. Style mereka sangat mencirikan kebebasan.

Disko dan roller blades



Disko hadir pada akhir tahun 70an sebagai bentuk tidak balasan terhadap dominasi musik rock. Musik ini dimulai oleh orang-orang berkulit hitam, stylenya identik dengan rambut afro, pakaian funky dengan bell-bottom, dan menggunakan bukaan dibagian dada. Sepatu menggunakan platform dengan hak tinggi atau menggunakan roller blades.

Punk

Gaya punk ini hadir pada 70an dan terus berkembang sampai 80an dan seterusnya, gaya punk muncul sebagai bentuk protes dari keadaan ekonomi dan politik yang sedang terjadi saat itu. Gaya ini semakin berkembang pesat setelah desainer Vivenne Westwood menggunakan gaya punk dalam desainnya.

John Travolta


John Travolta adalah icon tahun 70an. Namanya melambung setelah ia membintangi film Saturday night fever. Dia adalah penyanyi, penari, sekaligus aktor dalam genre disko.

Oleh Nurul Ainul Fathimah (16/02/2014)

sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar