Kamis, 20 Februari 2014

Sixties Timeline


~~~1927~~~
Metropolis




Metropolis, karya fenomenal dari Fritz Lang, seorang sutradara Jerman, adalah salah satu film science fiction pertama, dengan budget terbesar disaat itu, tujuh juta Reichsmark [setara dengan 200 juta US dollar, 2005, sumber wikipedia]. Metropolis pertamakali difilmkan tahun 1925.
Metropolis dianggap sebagai karya pelopor film fiksi ilmiah yang ber-setting dystopia, sebuah masa depan yang suram dan tidak ideal. Inti cerita dari film ini adalah pertentangan kelas antara kelas pekerja dan kelas majikan di kota Babel, sebuah kota kapitalis, di tahun 2026.Film ini menggambarkan sebuah kota dengan gedung pencakar langit super tinggi dan kendaraan modern, termasuk pesawat-pesawat pengangkut penumpang berlintasan.


~~~1960~~~
The Vietnam War





Perang dingin yang terjadi antara AmerikaSerikat dan Uni Soviet (sekarang Russia) membawa dampak kestabilan politik dan ekonomi. Dampak tersebut tidak hanya melibatkan kedua pihak saja, tetapi juga beberapa  pihak yang membela sebagai sekutu. Amerika Serikat didukung oleh Eropa Barat, sedangkan Uni Soviet didukung oleh Eropa Timur dan Cina. Vietnam dijadikan lahan peperangan karena pihak komunis utara dicurigai membantu pihak Uni Soviet dan Cina melawan pihak kapitalis Selatan yang didukung oleh Perancis dan kemudian Amerika. Perang tersebut menguras banyak uang dan tentara hingga akhirnya Amerika mendapat perlawanan dan protes keras dari orang vietnam atau biasa disebut Vietkong. Protes tersebut menyebabkan presiden Lyndon B. Johnson tidak ikut dalam pemilihan lagi di tahun 1968.


Mary Quant




Pada tahun 1960, terjadi ledakan perubahan fashion wanita oleh Mary Quant, desainer asal Inggris dan merupakan pelopor dari terbentuknya gerakan “youthquake” untuk para wanita dengan penggunaan rok mini. Gerakan tersebut muncul karena para wanita tidak ingin mengikuti gaya fashion terdahulu yang dianggap kuno dengan segala aturan dan batasan penggunaan di dalamnya, sehingga mereka memutuskan untuk menciptakan gaya berpakaian yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Dimulai dari gerakan youthquake Mary Quant. Pada tahun 1967, perkembangan hippis dan youthquake pun dapat menggantikan posisi London Scene Fashion sebagai pusat inovasi fashion.


 
The Beatles


 
The Beatles adalah sebuah band rock Inggris yang dibentuk di Liverpool , pada tahun 1960 . Dengan John Lennon , Paul McCartney , George Harrison , dan Ringo Starr , mereka menjadi luas dianggap sebagai tindakan terbesar dan paling berpengaruh dari era rock.

Berakar pada skiffle dan 1950-an rock and roll , The Beatles kemudian bereksperimen dengan beberapa genre , mulai dari balada pop psychedelic dan hard rock , seringkali menggabungkan unsur klasik dengan cara yang inovatif . Pada awal 1960-an , popularitas besar mereka pertama kali muncul sebagai " Beatlemania " , tetapi sebagai lagu mereka tumbuh dalam kecanggihan mereka datang untuk dianggap sebagai perwujudan dari cita-cita bersama oleh revolusi sosial budaya era itu .

 
Hippies & Psycedelic



Hippie merupakan sebutan untuk kaum anak muda / Kumpulan anak muda yang terbentuk pada awal tahun 1960 dan resmi menjadi sebuah grup sosial pada tahun 1965. Hippies banyak memberi pengaruh pada perkembangan Seni di dunia terutama pada seni Musik dan Fashion. istilah Hippies atau yang biasa juga disebut sebagai Flowers Generation digunakan untuk menyebut kaum tersebut. 

Cara berpakaian kaum Hippies memiliki ciri khas tersendiri. Mereka memakai pakaian warna-warni dengan bentuk yang unik dan konon bentuk dan warna tersebut merupakan 'sesuatu' yang mereka lihat dalam keadaan trans saat sedang memakai obat-obatan terlarang/narkoba. Gaya rambut mereka dibiarkan berantakan dan panjang. Kaum laki-laki memelihara jenggot dan kaum perempuan memakai maxi dress atau skirt yang panjang sampai ketumit.




Psychedelic berasal dari bahasa Yunani, psyche yg artinya pikiran dan delein yang artinya pengejawantahan/manifestasi. Sehingga Psychedelic dapat diartikan sebagai manifestasi pikiran.atau lebih mudahnya Psycedelic adalah suatu bentuk perwujudan untuk menyatakan apa yang ada dalam pikiran mereka. 
Aliran Psychedelic banyak berkembang di bidang musik, film, fashion maupun kebiasaan-kebiasaan sosial anak muda di jaman itu. Pengalaman ketika mengalami psychic moment, mengalirkan inspirasi baru dalam bidang seni, termasuk di bidang desain.
Dalam bidang desain sendiri, aliran Psychedelic juga dikenal dengan istilah Pop Art. Psychedelic muncul beriringan dengan budaya hippies yang berkembang pada tahun 60-an di daerah Haight Ashbury, San Fransisco.


Steampunk



Steampunk merupakan sub - genre fiksi ilmiah. Steampunk paling dikenali fitur teknologi anakronistiknya  atau penemuan retro - futuristik seperti yang mungkin telah dibayangkan orang-orang di abad ke-19, dan juga berakar dalam perspektif era pada fashion, budaya, gaya arsitektur, dan seni. Steampunk juga mengacu pada salah satu gaya artistik, mode pakaian , atau subkultur, yang telah dikembangkan dari estetika fiksi steampunk, fiksi era Victoria, desain art nouveau, dan film dari pertengahan abad ke-20. 
Prekursor tertua dari genre ini dalam film, Fritz Lang karya, Metropolis ( 1927), mungkin film awal yang paling penting untuk mewakili steampunk sebagai genre gaya yang muncul. Di televisi , salah satu manifestasi utama awal dari etos steampunk adalah asli serial televisi CBS The Wild Wild West (1965-1969), yang terinspirasi film liar Wild West (1999).


~~~ 1961 ~~~
SPACE WAR

Spacewar, Permainan digital yang pertama kali dikenal. Ini adalah permainan dua pemain, dengan masing-masing pemain mengambil kendali dari kapal luar angkasa dan mencoba untuk menghancurkan yang lain. Sebuah bintang di tengah layar menarik pada kedua kapal dan membutuhkan manuver untuk menghindari jatuh ke dalamnya. Dalam keadaan darurat, seorang pemain bisa masuk hyperspace untuk kembali di lokasi acak di layar, tetapi hanya pada risiko meledak jika digunakan terlalu sering.

Steve "Slug" Russell, Martin "Shag" Graetz, dan Wayne Wiitanen dari fiktif "Hingham Institute" dikandung dari permainan di tahun 1961, dengan maksud menerapkan dalam DEC PDP-1 di Massachusetts Institute of Technology. Setelah Alan Kotok memperoleh beberapa sinus dan cosinus rutinitas dari DEC, Russell mulai coding, dan oleh Februari 1962 telah menghasilkan versi pertamanya. Butuh waktu sekitar 200 jam kerja untuk membuat versi awal. Fitur tambahan yang dikembangkan oleh Dan Edwards, Peter Samson, dan Graetz


~~~1965~~~
The Wild Wild West


The Wild Wild West bercerita tentang dua agen Secret Service : James T. Barat (diperankan oleh Robert Conrad ) yang tak kenal takut dan tampan , dan Artemus Gordon (diperankan oleh Ross Martin ) , seorang Gadgeteer brilian dan ahli menyamar. Misi tanpa akhir mereka adalah untuk melindungi Presiden Ulysses S. Grant dan Amerika Serikat dari segala macam ancaman yang berbahaya. Acara ini memasukkan unsur-unsur Barat klasik dengan film thriller spionase , fiksi ilmiah / ide sejarah alternatif ( dalam nada yang sama untuk steampunk ), dalam satu kasus horor ( " The Night of the Man Eating House " ) dan banyak humor.



~~~1966~~~
Blow Up 


 Blow-Up adalah film tentang fotografi  karya Michelangelo Antonioni. Yang kemudian menarik diperbincangkan adalah betapa Antonioni, sutradara Italia yang terkenal dengan gaya visual kuat dan cara bertutur ‘berbeda’, menggarapnya juga dengan perlakuan dan keterampilan fotografis. Kekuatan gambar Antonioni, layaknya karya fotografi, terletak pada komposisi yang sangat cermat diperhitungkan. Film ini diwarnai estetika visual yang mumpuni: gambar romantik nan puitis, latar dominan kelabu disandingkan dengan berbagai ornamen berwarna cerah, fashion bernuansa Swinging London—salah satu art scene khas 1960-an.


Blow-Up, dianugerahi Palem Emas di Festival Film Cannes tahun 1967. Film ini memang bukan jenis film kebanyakan. Dari menit-menit awal, terlihat bahwa film ini memiliki jenis narasi yang tidak gamblang bercerita. Film dibuka dengan adegan segerombolan anak muda berkostum pantomim, pupur tebal di wajah, bersorak-sorai di atas mobil yang melaju ngawur, dan beraksi teatrikal. Tak pernah diterangkan lebih lanjut siapa gerangan mereka. Cerita kemudian lebih terfokus pada Thomas, demikian nama seorang fotografer, si tokoh sentral yang berusaha mencari jawab atas misteri yang muncul dari lubang kameranya.


~~~1966~~~
Twiggy



Lahir dengan nama asli Lesley Hornby, supermodel asli Inggris yang berjaya di era 60an ini, memulai karirnya sejak usia 15 tahun. Ciri khasnya, yaitu rambut pirang, mata besar, tubuh super kurus dan pembawaannya yang boyish membuatnya menonjol di dunia modeling.
Pertemuannya dengan selebriti 1960an Justin de Villeneuve membuka jalan karirnya di bidang ini. Berkat pengaruh dari Justin pula, Twiggy mengadaptasi gaya berbusana mod yang baru dan modern. sukses menginspirasi gaya fashion pada masa itu. Karena itu pula, ia dinobatkan sebagai British Woman of the Year pada tahun 1966. Sejak itulah, karir Twiggy mulai melambung di negara kelahirannya dan juga di dunia internasional seperti Perancis, Jepang, dan Amerika setahun kemudian.



~~~1967~~~
Dash Detergen
Dash Detergent adalah produk sabun cuci baju khusus untuk mesin cuci atau loundry. Dalam desain iklan dash detergen terdapat tagline yang unik "Somebody had to break the rules". Dast Detergent membuat beberapa trobosan baru (di era-nya) dengan cara break the rules. Dengan mengaitkan beberapa tokoh yang dianggap membuat suatu perubahan, Dash Detergent kemudian mendeklarasikan sebagai salah satu detergent yang membuat perubahan.




  ~~~1968~~~
2001 : A Space Odyssey
2001: A Space Odyssey adalah film garapan Stanley Kubrick. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa karya yang satu ini adalah yang paling hebat yang pernah disutradarainya.
Film 2001: A Space Odyssey (selanjutnya disebut Space Odyssey) adalah salah satunya Film yang intinya sekitar 15 menit. Awal film dibuka dengan 3 menit warna hitam, disambung 15 menit penemuan teknologi pada eranya, dan sisanya sangatlah jauh jauh jauh jauh dari pembuka. Langsung berganti setting luar angkasa abad 21 dengan segala kecanggihan sistem futuristik −Perlu diingat Space Odyssey adalah film tahun 1968 dimana tidak sama sekali menggambarkan zaman tersebut, bahkan yang konon menggembar-gemborkan orang pertama mendarat di bulan pun baru 1970 tiba disana, beda dua tahun dari ide-ide pak Kubrick setelah rilis−. Awal, tengah dan akhir sekilas memang tak ada kesinambungan.
Bagian awal film bercerita tentang sekumpulan man-ape (manusia purba) pada empat juta tahun lalu yang menemukan tulang sebagai ‘alat’ untuk membunuh tapir agar menjadi karnivora dan menakuti kelompok Man-Ape lainnya karena selalu berrebut sumber air. Kemudian disambung bagian tengah bercerita di stasiun luar angkasa, misi jupiter serta adanya teknologi komputer super duper canggih (bisa bicara, bermain catur, berperasaan, serba tahu dan ramah seperti manusia) yang dinamai HAL 9000, kemudian diakhiri dengan setting dalam rumah barok tergeletak seorang laki-laki tua diatas kasur yang sekejap berubah menjadi bayi dan segera berganti plot bayi tersebut diluar angkasa memandangi bumi. Dan selesai.
 Kubrick mencatat ada ratusan orang walk-out dari teater karena bosan dan tidak paham dengan cerita dan makna dibalik filmnya. Dan Memang film yang berdurasi 141 menit itu sedikit sulit dicerna. Alur film lambat, banyak simbol dan adegan-adegan yang sedikit tidak ada kaitannya satu sama lain. Namun satu hal yang harus diakui: 2001 menyuguhkan suatu teknik yang magnum opus, demikian jaya tidak hanya di masanya, tapi juga untuk ukuran hari ini.



~~~1969~~~
The Apollo 11


Pada bulan Juli 1969 merupakan saat dimana Neil Armstrong ditugaskan sebagai komandan misi pendaratan bulan Apollo 11. Bersama dengan Buzz Aldrin, Armstrong turun ke bulan dan kemudian menjelajahi selama dua setengah jam, sementara awak lain, Michael Collins tetap berada di orbit di dalam modul komando. Mereka bertiga dihadiahi the freedom of president medal oleh presiden Richard Nixon.

ANGGOTA KELOMPOK :
AUBRIETIA 
HUTRI DEVINA SHANY
FARADINA
MONITA SITANGGANG
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar