Senin, 17 Februari 2014

Trend di era 60an - 70an



Glam rock


Glam rock atau rock glamor (glitter rock) adalah sub-genre musik rock pasca-hippi asal Britania raya pada awal tahun 1970-an. Penyanyi dan pemusiknya memakai pakaian, rias wajah, dan model rambut yang serba gemerlap, serta mengenakan sepatu bot berhak tinggi. Ciri khas rock glamor adalah lirik lagu yang memakai bahasa berbunga-bunga yang diiringi permainan gitar hard rock. Kostum yang bersifat teatrikal mengambil ide dari film fiksi dan sains atau film-film lama.
Aliran musik ini mencapai puncak kejayaan di Britania Raya pada pertengahan tahun 1970-an. Di antara lambang generasi rock glamor adalah " Queen, dan Slade". Pengikut glam rock lainnya termasuk Alice Cooper, Kiss,David Bowie

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hippie

Pada pertengahan tahun 1960an di Amerika muncul sebuah kultur baru yang disebut Hippie.Biasa nya mereka mendengarkan musik psychedelic rock . Terkadang para hippie menggunaan ganja dan narkoba yang dapat memberikan mereka efek terbang sehingga merangsang imajinasi. Dalam sebuah imajinasi seseorang yang sedang dalam pengaruh narkoba biasanya terlihat hal-hal abstrak penuh warna-warni dan memberikan efek euphoria.Kaum Hippie ini juga kerap menggunakan pakaian yang berwarna-warni kebanyakan dari teknik ikat celup yang menghasilkan bentuk-bentuk baru yang tidak terduga.
Selain kaos dengan motif ikat celup, hippie biasanya menggunakan rompi atau baju dengan aksen rumbai-rumbai yang semakin menambah kesan nyentrik. Tidak ketinggalan ikat kepala yang kaya warna dan kacamata bulat ala Jhon lennon . Baik pria dan wanita Hippie umumnya berambut panjang dan kadang dibiarkan kusut. Filosofi hidup seorang hippie adalah hidup sederhana. Sedemikian pakaian mereka yang nyentrik namun para Hippie tidak mengenakan alas kaki. Hal ini dapat ditafsirkan bahwa mereka sangat sederhana dan juga cinta kedamaian. Sering sekali hippie berfoto dengan pose tangan Peace-nya.
Bentuk kesederhanaan orang Hippie juga diwujudkan dalam aksi mereka bepergian dari satu tempat dengan tempat lainnya. Hippie sejati biasanya nomaden. Tinggal di dalam mobil. Mobil yang kebanyakan digunakan oleh para hippie adalah mobil Volkswagen Combi. Wujud kreativitas mereka juga dituangkan pada VW Combi mereka yang diberi motif beraneka ragam dan bergaya psychedelic art. Musisi yang terkenal dengan pembawaan Hippienya adalah diantaranya Jimi hendrix dan band-band seperti The door dan Pink floyd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Saturday Night Fever

Saturday Night Fever adalah film Amerika Serikat karya sutradara Jhon badham yang diedarkan pada tahun 1977. Film ini di bintangi Jhon travolta sebagai Tony Manero, seorang pemuda yang menghabiskan malam minggunya menari di lantai diskotik di Brooklyn, Karen Lynn goorney berperan sebagai pasangannya ketika menari, Donna pescaw berperan sebagai gadis yang ingin dipacari oleh Manero, sekaligus mantan pasangan Manero ketika berdisko. Manero adalah raja di lantai disko. Menari dan bergaul dengan wanita di diskotek membantunya melupakan kenyataan kehidupan sehari-hari: masa depan pekerjaan yang suram, pertengkaran dengan orang tua yang kurang mendukung anaknya, ketegangan rasial di lingkungan tempat tinggalnya, serta hubungannya dengan teman-teman satu geng yang maco.
Film ini sukses luar biasa secara komersial, mencuatkan nama John Travolta, dan memopulerkan musik disko ke seluruh dunia.Film ini mengetengahkan koreografi dan lagu berirama disko, serta subkultur yang menyertai era disko.Dan mulai dari film ini timbulah trend fashion terbaru,dimana banyak orang menirukan cara berpakaian dalam film ini.

 

 

 
















sumber referensi :

http://www.pinterest.com/macheridesigns/60s-experience/
http://id.wikipedia.org/wiki/Saturday_Night_Fever
http://id.wikipedia.org/wiki/Hippie
http://id.wikipedia.org/wiki/Glam_rock
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/08/07/article-2184773-019E40AA000004B0-863_634x669.jpg
http://media-cache-ec0.pinimg.com/736x/d8/4e/41/d84e41b4f66e525ede5de0fee100b8af.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_mJhtf0fqf7s/SwmnlJpQLFI/AAAAAAAAC4E/mdQ6XtrKXLA/s1600/Imd045.jpg


Reza vebrian
1403110311
Desain Komunikasi Visual

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar