Rabu, 19 Februari 2014

60's - 70's ERA

Fashion 60an

Perkembangan fashion bisa dikatakan memiliki siklus seperti roda, selalu berputar. Pada era 1960an, tren fashion yang banyak dipopulerkan adalah mini dress, gaun selutut berbentuk A dengan potongan di daerah pinggang. Biasanya dipadankan dengan spatu boots selutut, selop bertali dengan hak berbentuk persegi dan datar ataupun flat shoes. Tren ini tidak ada matinya hingga saat ini. Tren fashion tahun 1960an menekankan pada kesederhanaan, kemudaan dan kerapian. Menjelang akhir ‘60an, gaya serba mini ini berkolaborasi dengan motif-motif berani, yang kemudian di Indonesia dikenal dengan istilah A Go-go Look.


Pada era ini, gaya rambut para pria tidak ada yang khas, kecuali para remajanya. Demam The Beatles yang mengusung aliran music pop dikalangan anak muda mempengaruhi gaya rambut dengan potongan menyerupai  batok kelapa denga poni dibiarkan menjuntai menutupi dahi, semakin tebal, semakin keren. 

The Beatles juga merupakan salah satu pengaruh gaya rambut pada saat itu

Sedangkan gaya rambut wanita, tatanan rambut chignon dan rias wajah ala pesta di tahun ‘50an beralih menjadi model rambut sasak tinggi dan riasan cat eye yang sensual. Peralihan tren ini disebut Swinging Sixties, ini menggambarkan ayunan mode yang dinamis dan penuh perubahan. Tak ketinggalan si poni. Sepertinya poni memang andalan di tahun ini. Rambut pendek seperti gaya Mary Quant dan Twiggy juga menjadi ikon fashion saat itu.


Chignon Hair


Mary Quant

Twiggy

CAMIESTA
Tahun 1960 juga dihiasi dengan sering munculnya gerakan-gerakan pemuda yang menentang pemerintah. Peran dan dominasi anak muda dalam perkembangan dunia diawali pada tahun 1960 ini. Tidak dapat dihitung lagi banyak pemuda yang menjadi milyarder melewati masa mudanya pada tahun 1960, seperti Steve Job dan Bill Gates. Dominasi anak muda secara tidak langsung juga mempengaruhi gaya berbusana masyarakat umum. Budaya memakai celana jins dan kaos oblong pertama kali popular pada tahun-tahun ini. Camiesta sendiri berarti kaos dalam bahasa spanyol.

HIPPIE
Akibat perang Vietnam yang berkepanjangan, kondisi politik yang ramai dengan terbunuhnya Presiden JFK, dan arus informasi yang begitu massive dari sebelumnya sehingga menyebabkan semua kalangan mengerti masalah kejamnya perang Vietnam, muncul lah gerakan anti pemerintah yang dikenal dengan sebutan Hippie. Kaum Hippie terpengaruh gaya berbusana bohemian style pada tahun 1950an. Kaum Hippie identic dengan pakaian longgar yang menunjukan kedekatan mereka dengan alam.

Fashion Kaum Hippie

Fashion 70an

Adanya pemberontakan oleh kaum muda di akhir 60an yang menuntut adanya perubahan sosial dan politik di Amerika Barat, mempengaruhi gaya berpakaian di era ini. Mereka tergabung dalam satu kelompok bernama Hippies atau juga Flower Children. Namanya juga era pemberontakan, maka gaya berpakaianpun cenderung lebih urakan, dengan bahan yang lebih loose ketimbang tahun 60an dan bermotif warna-warni yang diilhami halusinasi ketika menghisap marijuana. Kebanyakan para wanita berambut panjang dengan hiasan tali mengelilingi kepalanya dan berpakaian sampai menutupi tumit, sedangkan para “adam” memelihara jenggot. Era ini juga ditandai dengan lahirnya Rock Superstars seperti Led Zeppelin, The Doors, Janis Joplin, Jimi Hendrix, tak ketinggalan si idola ABG 60an The Beatles yang beralih aliran dari Pop. Selain aliran rock, di era ini juga ada Pop ,Dance, dan R&B sehingga selain gaya urakan ala Hippies, orang-orang 70an juga ada yang bergaya Disco dengan celana cutbraynya.


DISCO
Tahun 1970an terkenal dengan budaya music disco. Gaya berbusana yang mencirikan budaya disco berkembang pesat. Sekali lagi, tahun-tahun ini didominasi oleh anak-anak muda. Gaya berbusana ditunjukkan dengan penggunaan celana pendek ketat / hot pant , sepatu beralas rata, dan tentunya celana komprang.
Artis populer pada saat itu adalah John Travolta dengan filmnya yang terkenal “Saturday Night Fever” tentu saja dengan  gaya disconya. Cenala komprang dan rambut ditarik  kebelakang menjadi sangat tren tahun 1970an.

Penampakan Fashion di era Disko




PUNK
Tahun 1970an akhir juga diramaikan dengan gaya berbusana Punk. Gaya berbusana Punk  berasal dari Inggris yang kemudian menyebar di Amerika Serikat dan Dunia. Awal mula budaya Punk berasal dari Inggris dan diramaikan dengan munculnya grup band beraliran Punk bernama Sex Pistols dengan lagunya yang populer pada saat itu yaitu “God Save The Queen”.
Kaum-kaum urban yang menentang kondisi politik identik dengan sebutan kaum Punk. Punk merupakan budaya subculture  yang secara eksplisit menentang politik kotor, menerapkan kehidupan mandiri, lugas, dan kebebasan.
Gaya berbusana Punk identik dengan rambut spaik tajam, baju hitam dengan ornamen metal tajam dan make-up yang mencolok.





PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TAHUN 1960-AN

Berikut adalah lini masa perkembangan teknologi komunikasi pada tahun 1960an.
Pada kisaran tahun 1960an merupakan perkembangan satelit. Satelit merupakan jembatan pertukaran informasi dari seluruh dunia dan memberi kenaikan yang signifikan pada komunikasi televisi dan radio.

1960 - Diciptakannya satelit repeater aktif pertama.
1961 – AT&T, Bell Labs, NASA, the British Post Office, and the French National Post Office membangun satelit TELSTAR
1962 – Siaran satelit pertama via TELSTAR.
1963 – Satelit Trans Pasifik pertama via Satelit Relay 1
1963 - Telepon Touch Tone pertama kali diperkenalkan. Dual Tone Multi-Frequency signaling (DTMF) digunakan untuk memberi sinyal telekomunikasi lewat barisan telepon analog dalam frekuensi suara antara handset telepon dan perangkat komunikasi.
1964 – Minicomputers, digital equipment corporation 12 bit capital PDP-8 berhasil dipasarkan
1965 - Televisi benar-benar mencapai puncak tingkat popular nya pada tahun ini. Di Australia, mayoritas daerah sudah tersedia televisi dan estimasi nya 9 dari 10 keluarga di Australia telah memiliki televisi.
1969 – CCD use as electronic imager and instill and video cameras. Prototip Internet pertama yang berorientasi penelitian, ARPANET, pertama kali dikenalkan. ARPANET adalah cikal bakal dari internet

Sumber:


Yuasilvani Devega. K
1405112023
Fashion Forecasting KTM' 11
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar