Minggu, 16 Februari 2014

Fenomena Era 60an-70an

Era 60an

Skin Head

Skinhead merupakan subkultur yang bermula di Inggris pada era ‘60-an, ketika Mods sedang mengharubiru kaum muda di Inggris. Generasi pelopor Skinheads biasanya disebut Trads (Traditional Skinheads) atau Trojan Skinheads, sesuai dengan nama label Trojan Records. Cara berpakaian skinhead diadopsi dari rude boys (inget SKA) dan Mods, tapi dengan tampilan yang lebih Tough dan Rough.

Mick Jagger, Icon Fashion-nya Anak Muda Era 60-an



Icon dengan bibir dower, Mick Jagger, selain konser mereka  yang selalu ramai dikunjungi,  gaya busana dan atraksi panggung Mick Jagger juga sangat dinantikan jutaan penggemarnya.  Gaya berbusana, mulai dari sepatu, celana, baju, hingga topi selalu menjadi bahan pembicaraan penggemar dan menjadi trend-setter anak muda saat itu.


Bob klasik Jackie Onassis


Jacqueline Kennedy Onassis adalah salah satu ikon fashion pertama dari dunia politik. First Lady ini bisa dikatakan yang mempopulerkan rambut gaya bob saat itu. Ia tampak sangat stylish dengan rambut bobnya di tahun 60-an. Gayanya bahkan menjadi tren dan diikuti banyak wanita hingga saat ini.

The Beatles


The Beatles adalah kelompok pemusik Inggris beraliran rock, dibentuk di Liverpool pada tahun 1960, seringkali dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan paling banyak mendapat pujian dalam musik populer. Sejak tahun 1962, kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Bermula dari aliran skiffle dan rock and roll 1950-an, kelompok ini memainkan musik dalam berbagai genre mulai dari folk rock sampai rock psikedelik, memasukkan juga unsur musik klasik dan elemen lain dengan cara inovatif. The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.


Twiggy


Pemilik nama asli Lesley Hornby, supermodel asal Inggris di era 60an, berkarir sejak usia 15 tahun. Ciri khasnya, yaitu berambut pirang, mata besar, tubuh kurus dan pembawaannya yang boyish membuatnya menonjol di dunia modeling. Twiggy mengadaptasi gaya berbusana mod yang baru dan modern sehingga sukses menginspirasi gaya fashion pada masa itu dan dinobatkan sebagai British Woman of the Year pada tahun 1966. Ia kerap muncul di halaman depan majalah wanita terkemuka seperti Vogue, Tatler, dan masih banyak lagi. Twiggy pun masuk ke dalam kehidupan fashion yang glamor dan sarat publikasi

Era 70an

Punk

Punk bukan hanya sebagai gaya dalam berpakaian tapi dapat diartikan juga sebagai jenis aliran musik yang lahir pada awal tahun 1970-an. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu dengan lirik sederhana namun kadang kasar, beat yang cepat dan menghentak. Di Inggris, Punk dianggap sebagai glue sniffer dan perusuh, Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama.

Heavy Metal

Heavy metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an, dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock. Aliran musik ini ditandai dengan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya. Lirik heavy metal pada umumnya berkaitan dengan maskulinitas dan kejantanan.

Hotpants


Hotpants sebagai sebuah trend fashion, pamornya mulai meledak tepatnya di tahun 1971.  Hotpants di Amerika memiliki arti yang berbeda dengan short pants, bila short pants hanya sebatas lutut maka hotpants lebih pendek lagi yaitu sebatas pangkal paha. Hotpants pun lebih ketat ketimbang short pants. Di awal tahun 1971, hotpants mendominasi acara fashion di Roma dan Paris. Hampir sebagian besar model di catwallk menggunakan hotpants. Berbeda dengan tahu 60-an, di mana kaum perempuan tidak berani menggunakan short pants selain ke acara kasual, di era 70-an hotpants mulai digunakan untuk ke kantor, ke acara pernikahan, dan bahkan menjadi bagian dari setelan gaun pengantin.

Trend Rambut Keriting

Model rambut keriting ini sudah terkenal di tahun 70-an. Saat itu, Diana Ross  yang memperkenalkan gaya ini pada zaman era disco. Kemudian, setelah adik dari Beyonce Knowles, Solange Knowles membawa kembali model rambut ini, banyak yang tertarik mencoba model rambut ini.

Fashion Trend ForecastingRirin Gusriya1405112015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar