Minggu, 16 Februari 2014

60's and 70's era

60's era

Politik



Terjadinya kelanjutan dari perang dingin di beberapa bagian dunia, Krisis Berlin 1961, Krisis Rudal Kuba (1962), Perang Vietnam (1959–1975). Perang dingin sendiri berarti sebutan bagi suatu periode terjadinya ketegangan politik dan militer antara Dunia Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya, dengan Dunia Komunis, yang dipimpin oleh Uni Soviet beserta sekutu negara-negara satelitnya.
Pembangunan tembok berlin di tahun 1961 yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, serta untuk mencegah rakyat Jerman Timur untuk melarikan diri ke Barat.
Pada November 1963, presiden America ke 35, John F. Kennedy tewas ditembak oleh Lee Harvey Oswald. Kematian John F. Kennedy ini masih diperdebatkan dan menimbulkan beberapa teori konspirasi.

 Science dan Teknologi



Pada juli 1969,  Amerika berhasil meluncurkan Apollo 11 yaitu pesawat luar angkasa dengan manusia pertama yang mendarat di bulan, membawa misi komandan Neil Armstrong. Apollo 11 ini memenuhi tujuan dari presiden John Kennedy untuk dapat mencapai bulan pada akhir 60an

Munculnya video game computer pertama bernama Spacewar pada tahun 1962. Permainan Spacewar melibatkan dua buah pesawat luar angkasa yang disebut si jarum dan si besar tembak-menembak sementara bermanuver di luar angkasa yang dipenuhi bintang.

Film dan Musik

Berikut ini merupakan film yang booming di tahun 60an


Breakfast at tiffany’s yg diperankan oleh the one and only Audrey Hepburn
Mary poppins, film musical produksi Disney yg diperankan oleh Julie Andrews
Night of the living dead, film zombie pertama yang diproduksi ke layar kaca

The sound of music. Sebuah film musical adaptasi dari sandiwara musical panggung broadway. Film ini dibintangi oleh Julie Andrews yang berperan sebagai maria.


Adanya british invasion dari para musisi inggris yang diawali dengan munculnya the beatles di acara The Ed Sullivan Shows dengan salah satu lagu mereka yaitu I wanna hold your hands yang masuk dalam billboard chart 100 di amerika. Di dua tahun berikutnya band inggris lain pun ikut mewarnai billboard chart seperti the rollingstone, chad and Jeremy, the animals, dan masih banyak lagi.



Festival Woodstock merupakan simbol budaya tandingan pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an sekaligus zaman hippie. Sejumlah 32 musisi terkenal waktu itu tampil dalam konser yang berlangsung pada akhir pekan di tengah cuaca yang kadang-kadang turun hujan. Festival tahun 1969 secara luas dianggap sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah musik pop, dan masuk ke dalam "Daftar 50 Peristiwa yang Mengubah Sejarah Rock and Roll" versi majalah Rolling Stone.

Fashion


Tahun 1966, mary quint memperkenalkan skimming mini dress dan skirt dengan panjang 6-7 inch diatas lutut. Tren ini tetap bertahan hingga awal tahun 70an


Diawal tahun 60, Jacqueline kennedy mempopulerkan pillbox hat, topi berbentuk bulat dengan ukuran setengah kepala

70's era

 Politik dan Ekonomi




Pada tahun 1973 dan 1979, terjadi krisis energy yang meluas di benua amerika dan eropa. Hal ini menyebabkan eropa sangat bergantung minyak pada timur tengah. Amerika serikat juga menerima dampaknya meskipun mereka memiliki persediaan minyak sendiri. Banyak Negara di eropa menjalankan kegiatan car free day pada akhir pekar untuk mengurangi penggunaan bensin pada kendaraan 

Margareth thatcher menjadi perdana menteri wanita pertama di inggris, dengan memulai kebijakan neoliberal. Selain margareth thatcher, banyak lagi sosok wanita yang mulai naik ke panggung politik seperti presiden wanita pertama di argentina Isabel Mrtinez


Science dan Teknologi


Amerika meluncurkan space station pertama yaitu skylab pada tahun 1974


Floppy disk, atau lebih dikenal dengan disket ditemukan pada tahun 1971

 

  Musik dan Film






Music disco cukup popular di Negara amerika serikat dan amerika selatan, musisi disco yang terkenal adalah Donna Summer
Selain musisi Amerika, banyak juga musisi Inggris yang popular dan menjadi legend hingga saat ini seperti Elton John yang merupakan musisi pop solo yang sangat sukses di tahun 70an.
Di daerah amerika latin terkenal dengan music reggae yang dipopulerkan oleh Bob Marley

 


The Godfather merupakan salah satu film yang memperoleh Oscar di tahun 1972 dan dibuat sequelnya yang juga sukses di tahun 1974
Beberapa film terlaris tahun 70an adalah Star Wars (1977), Jaws (1975), Superman, dan film bergenre horror The Exorcist
TV Cable menjadi lebih terjangkau serta lebih mudah diakses bagi consumer di Amerika Serikat. HBO pertama kali diluncurkan pada November 1972, sebagai channel tv berbayar pertama.


Fashion 


 Diawal tahun 70an, mini skirt dan bell bottom trouser dari tahun 60an masih menjadi tren. Hot pants juga menjadi tren di tahun 1971.
Dengan semakin boomingnya musik disco, maka disco style pun semakin digandrungi di akhir tahun 70an.

Adinda Sofiana Wim
1405110001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar