Selasa, 11 Maret 2014



imageboard ini isinya tntang semua hal yang ada pada era 60an. mulai dari peristiwa - peristiwa yang berdampak sampai saat ini dan jadi sejarah, politik, musik, perkumpulan, fashion film dll...


Istilah 'baby booming' muncul pada saat ledakan bayi pasca-Perang Dunia II (1946-1964) ketika jumlah kelahiran tahunan melebihi 2 per 100 wanita (atau sekitar 2% dari total populasi) banyak bayi - bayi ini lahir tanpa seorang ayah karena ayah mereka gugur di medan perang.

naah karena itu jugalah karena para lelaki berjuang di medan perang para wanita mengambil alih pekerjaan pria. sampai akhirnya muncul lah logo atau gambar seperti di samping ini dengan gambar wanita  cantik yang memperlihatkan ototnya yang mengisyaratkan bahwa wanita - wanita pada saat itu wanita pekerja keras. pada saat ini juga mulai trend wanita - wanita yang memakai jeans setelah sebelumnya wanita tampak lebih feminin. jeans dan over all mulai menjadi trend saat itu karena kuat, nyaman dan membuat wanita lebih fleksibel bergerak saat berkerja.





"Love Not War" , adalah slogan anti-perang umumnya terkait dengan tandingan Amerika tahun 1960-an. Itu digunakan terutama oleh mereka yang menentang Perang Vietnam.




Pada akhir dasawarsa tahun 1960-an, Di Amerika Barat khususnya di kota San Francisco di negara bagian California, terjadi protes besar-besaran anak-anak muda melawan semua bentuk yang terorganisir dan mengharapkan terjadinya perubahan sosial dan politik. Gerakan protest ini antara lain membuahkan generasi Hippies .

Gerakan tahun 1960-an yang timbul di pantai Barat Amerika Serikat itu terkenal dengan berbagai bentuk protest seperti  Beatnik & Gerakan Protes Sosial. Gerakan ini berciri gerakan sosial dan sastra yang terbatas pada dasawarsa 1950-an, dan mengaku sebagai ‘generasi beat’ yang kemudian dikenal sebagai ‘beatniks.

 

Beatniks semula tidak bersifat politik dan hanya ingin membedakan diri dengan masyarakat umum dengan cara mengundurkan diri dari kehidupan masyarakat umum. Mereka mempraktekkan kehidupan bebas dengan berpakaian seenaknya dan berusaha membebaskan diri dari kemelut dunia melalui saluran musik, seni, makanan vegetaris, dan pengalaman psychedelic dan obat-obat bius yang dapat memberikan mereka efek terbang sehingga merangsang imajinasi. Dalam sebuah imajinasi seseorang yang sedang dalam pengaruh narkoba biasanya terlihat hal-hal abstrak penuh warna-warni dan memberikan efek euphoria. Hal tersebut dimanifestokan dalam karya seni psycedelic art kaum hippie. oleh karena itu Kaum Hippie ini juga edentik menggunakan pakaian yang berwarna-warni kebanyakan dari teknik ikat celup yang menghasilkan bentuk-bentuk tidak terduga. aliran musik psycedelic rockyang sering di dengar kaum hippe saat itu juga berdampak pada musik yang hit di taun 60an seperti janis joplin, jimi hendix dan banyak band lain yang juga hits pada saat itu seperti Beatles, Rolling Stones, The Doors dll..






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar