Senin, 03 Maret 2014

gaya dab fenomena 60an

fegelia rahmadani
1405110010


  Further, Sang Bus Pengelana



Tahun 60-an menjadi sebuah era kebebasan atau era psychedelic bagi para generasi bunga. Ada sebuah bus yang dicat warna-warni, perlambangan dari acid generation atau generasi bunga.

Bus sekolah yang dinamai Further ini milik dari Ken Kesey dan Merry Pranksters yang mengendarai dari California ke New York. Bus ini sangat bersejarah dan dipakai untuk rally Anti Perang Vietnam (1966) dan menghadiri festival musik Woodstock (1969). Bus ini sempat dikubur di rawa oleh pemiliknya, namun digali kembali pada tahun 2005 dan sampai kini dipamerkan di museum.










 Baby Boom


The Baby Boom appeared when the soldiers came back to their home from the war. The term “Baby Boom” usually refers to the dramatic post world war ll baby boom between 1946 and 1964. There are an estimated 78.3 million Americans who were born at this time period.
This event is very important because it changes the market and the society. First, the market has greatly impacted by the baby boom because as more babies born, there will be more baby supplies and more hospitals for babies. And as time passes, the baby boomers will grow and the market will lean more into teenager interests such as bags, club, and so on.
It also chaged our society. As baby boomers became teenagers and young adults, they wanted the society to be changed. There was a movement to get away from conservative 1950′s and eventually resulted in revolutionary ways of thinking and actually changed the hackneyed American life. Boomers’ new ways of thinking affected education, lifestyle, laws and entertainments. Many of revolutionary ideas which began by Baby Boomers are still continuing to develop these days.





Memiliki dua makna berbeda, Glam Rock pada tahun 70-an menggambarkan  glitter-era musik David Bowie, The Newyork Dolls, dan Gary Glitter dengan orientasi seksual yang ambigu. Namun di tahun 80-an, dua kata ini merujuk ke musik heavy metal yang ditandai dengan personel band bertelanjang dada yang sangat macho.
Elemen Glam Rock:
1. Celana ketat berbahan lurex atau lame
2. Sgala sesutu yang mengkilat dn berpayet penuh
3. Jaket, jas, dan suit berwarna metalik
4. Vest glitter
5. Sepatu platform spike heel,boots hitam mengkilat atau sepatu datar dengan glitter
6. Pria menggunakan rias mata dengan foundation, wanita menggunakan make up tebal, eye shadow warna terang, dan lipstik merah menyala
7. Tshirt begambar
8. Celana beludru hitam
9. Feathers dan shawl berpayet atau boa




 Punk


Berasal dari London di akhir tahun 70-an sebagia wujud protes sekelompok anak muda anti kemapanan dan menunjukkan gejala tingginya pengangguran di kalangan anak muda Inggris. Mereka muncul dengan semangat kemarahan, pemberontakan, nafsu, sekaligus kecemasan.
Elemen Punk :
1. Smokey eyes dengan lipstik warna gelap
2. Rambut dicat warna-warna terang atau hitam bergaya ekstrim (mohawk, spiky)
3. Tshirt dengan tulisan vulgar atau gambar porno
4. Jaket kulit hitam
5. Jaket jeans dengan aksen paku (studde)
6. Celana, rok, atau jaket yang sengaja dirobek atau dibiarkan berlubang
7. Peniti sebagai aksesoris
8. Celana atau rok bermotif tartan
9. Segala sesuatu bergambar Union Jack
10.    Sepatu spike heel­, boots hitam, Chuck Tailor all star







Di tahun 60-an, bermunculan kelompok anak muda hedonis yang menolak tampil rapi dan memilih untuk berdandan kreatif dengan menggabungkan berbagai elemen dari berbagi bangsa. Kaum Hippies yang biasanyahidup berpindah-pindah itu adalh cikal bakal beredarnya gaya etnik yang kita kenal sampai sekarang.
Elemen  Hippies :
1. Rambut panjang yang tidak disisir
2. Rok lebar ala-ala India
3. Kaftan dan tunik ala-ala Afrika
4. Terusan panjang bermotif dan berwarna tanah atau warna terang
5. Celana bell-bottom, atau biasa kita kenal dengan nama celana cutbray
6. Ikat kepala atau bandana
7. Vest atau rompi ala Turki dengan pinggiran emas
8. Selendang atau shawl yang di lilit di leher
9. Sepatu espadrilles, sepatu kulit ala India, thong atau bertelanjang kaki
10.    Baju bermotif  geometris, paisley, dan motif dekoratif atau ragam hias bervagai bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar