Minggu, 02 Maret 2014

Toys and Games in The 50's

Eriel Risya Helena
1405110008


Pada era 1950, jenis-jenis permainan yang ada biasanya berupa permainan yang bisa dilakukan bersama-sama. Mereka biasanya bermain bersama keluarga ataupun teman. Contoh-contoh permainan yang trend saat itu adalah Yahtzee, Play-Doh, Mr. Potato Head, Barbie, dan Hula Hoop.

1. Yahtzee

Permainan ini ditemukan oleh pasangan Kanada pada tahun 1954 yang disebut sebagai "The Yacht Game" karena mereka memainkannya bersama teman-teman di atas kapal yacht. Mereka lalu meminta kepada Edwin S. Lowe, seorang pengusaha mainan, untuk memasarkannya. Dalam 15 tahun kedepan dari saat itu, Yahtzee berhasil terjual sebanyak 40 juta set di seluruh dunia.







2. Play-Doh

Play-Doh sebenarnya adalah penemuan yang tidak disengaja. Berawal dari era 1930 sebagai pembersih wallpaper yang tanpa sengaja dimainkan oleh seorang anak kecil, dan anak tersebut menyukainya. Lalu pada tahun 1956 mulai dipasarkan sebagai mainan anak-anak. Pada tahun 1956, Play-Doh berhasil terjual hingga mencapai tiga juta dolar. Tahun 2003, mainan ini dimasukkan kedalam "Century of Toys List" oleh Asosiasi Industri Mainan (Toys Industry Association).





3. Mr. Potato Head

Tentu saja kita pernah melihat mainan model plastik ini di salah satu film animasi anak-anak. Mr. Potato Head adalah model plastik berbentuk kentang yang bisa didekorasi dengan partisi plastik seperti mata, telinga, kaki, tangan, dan lainnya. Mainan ini ditemukan dan dikembangkan pada tahun 1949 oleh George Lerner yang lalu di produksi dan dipasarkan melalui Hasbro pada tahun 1952.







4. Barbie

Terinspirasi dari sebuah boneka Jerman yang disebut Bild Lilli, seorang pebisnis wanita bersama Mattel Inc meluncurkan Barbie pada bulan Maret 1956.

Boneka Barbie pertama memakai busana renang bermotif garis hitam-putih, model rambut ekor kuda, dan tersedia dalam warna rambut pirang ataupun coklat. Sampai sekarang, Barbie merupakan boneka yang paling populer di dunia.











5. Hula Hoop

Hula Hoop merupakan mainan yang berhasil dipasarkan pada tahun 1957 oleh sebuah perusahaan bernama Wham'o Company. Dalam durasi tiga tahun, mainan ini berhasil terjual hingga 100 juta buah di seluruh dunia. 









Itulah berbagai permainan yang trend pada tahun 1950-an. Seperti yang disebutkan diatas, permainan-permainan tersebut dimainkan bersama-sama keluarga dan teman. Sangat berbeda dengan era sekarang, walaupun beberapa permainan diatas masih disukai dan bahkan berubah menjadi permainan digital (seperti Yahtzee), masyarakat lebih menyukai permainan konsol seperti playstation, Xbox, nintendo, pc, smartphone, tablet, dan bahkan sekarang telah tersedia konsol game generasi terbaru berbasis virtual reality yang disebut "Oculus Rift". Konsol game VR ini masih belum dijual untuk konsumer, akan tetapi bisa dipesan dalam bentuk prototype. 

Gambar diatas menunjukkan orang yang sedang menggunakan Oculus Rift.

Hal ini tidak dapat dihindari mengingat teknologi yang semakin berkembang dengan cepat. Selain itu, pada zaman sekarang ini, permainan tidak melulu soal "bermain bersama" akan tetapi bisa dinikmati secara individu.




Source :

http://en.wikipedia.org/wiki/Mr._Potato_Head#In_popular_culture
http://www.goodnewsweekly.ca/2010/11/most-popular-toys-from-1950s.html
http://www.loti.com/fifties-toys-games.php
https://plus.google.com/+ByronKnoll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar