Senin, 03 Maret 2014

Ritual Makan bersama Keluarga pada Masa 50’s-60’s dan Masa Sekarang

Pada tahun 1950-1960 ritual makan bersama merupakan sebuah keharusan dalam sebuah keluarga. Biasanya ritual ini dilakukan pada waktu jam makan malam, dimana semua anggota telah berkumpul dirumah setelah melakukan kegiatannya sehari-hari. Peran seorang ibu dan anak perempuan sangalah penting. Ibu akan mengajarkan seorang anak perempuannya cara menghidangkan hidangan makanan. Selain itu seorang anak perempuan juga harus mengerti bagaimana menghias dan mengatur benda-benda dimeja makan.


Saat semua hidangan dan meja makan siap, semua anggiota keluarga akan dipanggil ibu untuk berkumpul dimeja makan dan memulai ritual makan bersama keluarga. Seorang ayah akan memimpin doa terlebih dahulu untuk membuaka acara makan bersama ini. Setiap anggota keluarga tidak diperbolehkan untuk mengambil hidangan terlebih dahulu sebelum seorang ayah mengambil hidangan dan memberikannya kepada ibu. Selanjutnya ayah akan mengambilkan hidangan kepada anak perempuannya dan stelah itu anak laki-lakinya dan kemudian untuk dirinya sendiri. Seorang ayah akan memulai memakan hidangan terlebih dahulu, sebelumnya tidak diperbolehkan anggota keluarga lainnya untuk memakan hidangan.



1950 Family Date, Dinner In A 1950's Home
capture from video : http://www.youtube.com/watch?v=h8kJzBJrOkU

Kegiatan makan bersama keluarga ini merupakan ritual yang digunakan orang tua pada tahun 1950-1960 untuk menamkan nasehat-nasehat kepada anak-anaknya. Selain itu, bagi seorang anak, untuk tempat berbagi cerita tentang hari-harinya kepada orang tua. Namun, tidak semua topik dapat diceritakan dalam ritual makan bersama keluarga ini, biasanyan hanya beberapa topik yang diberikan oleh ayah atau ibu.

capture from video : 1960's Family Life : A day In The Life Of A Kitchen
 http://www.youtube.com/watch?v=Eh5JtffWxeg

Oleh karena itu pada tahun 1950-1960 dapur dan meja makan merupakan ruangan khusus dimana setiap keluarga dapat komunikasi lebih intim tanpa gangguan dari luar. Ruangan dapur didesain hanya khusus untuk memasak dan meja makan terletak dekat dengan dapur tanpa ada tambahan elektronik lain seperti televisi atau radio tape.

Namun pada masa sekarang ini ritual makan bersama keluarga tidak lagi dianggap sebagai ritual yang sangat penting. Sebagai salah satu contohnya tidak ada lagi aturan anak perempuan harus menyiapkan hidangan, tidak ada lagi aturan seorang ayah harus mengambilkan makanan untuk ibu. Bahkan tidak harus lagi seorang ibu atau anak perempuan saja  yang menghidangkan makanan. Hal tersebut merupakan sebuah revolusi bahwa tidak harus lagi perempuan yang mengerjakan pekerjaan didapur, laki-lakipun sah-sah saja mengerjakan pekerjaan dapur. Seperti contohnya pada sebuah iklan komersil ini terlihat seorang ayah sedang mengupas sebuah wortel. 




Dari hal tersebut dapat terlihat jelas perubahan-perubahan makna dapur dari tahun ketahun. Dapur dan meja makan tidak lagi menjadi tempat ritual makan bersama yang sarat akan aturan. Didapur bisa saja seorang anak mengerjakan pekerjaan rumahnya, atau seorang istri bisa saja bermain laptop didapur sembari menyiapkan hidangan sarapan untuk keluarganya. Tidakada lagi topik obrolan khusus yang diberikan seorang ayah atau ibu, semua bisa diobrolkan dimeja makan hingga makan bersama keluarga pun dapat bersamaan dengan menonton televisi.


Capture from movie : Don Jon

Ahda Yunia Sekar F
1405114002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar